Sony Patenkan Sarung Tangan VR untuk PlayStation

Telset.id, Jakarta – Teknologi virtual reality dipercaya akan menjadi trend di masa depan. Tak heran jika kini mulai banyak perusahaan teknologi mulai melirik bisnis ini. Sony menjadi salah satunya. Vendor asal Jepang ini mulai menyiapkan perangkat virtual reality. Salah satunya yang baru dipatenkan Sony, yakni berupa sarung tangan kontroler virtual reality.

Sebagai salah satu pembuat konsol game, Sony tak mau ketinggalan dengan para pesaingnya, seperti Samsung, Apple, LG, dll, yang juga sudah mengembangkan perangkat virtual reality.

Salah satu langkah yang baru saja dilakukan Sony adalah dengan mendaftarkan sebuah paten untuk sarung tangan kontroler virtual reality. Aplikasi yang dipatenkan tersebut tidak hanya bisa mendeteksi gerakan tangan, tapi juga bisa digunakan untuk melakukan interaksi fisik di dunia virtual reality.

Sony memasangkan berbagai sensor yang bisa merekam posisi jari tangan dan mengenali sentuhan ke obyek fisik, sehingga datanya bisa dikirimkan ke headset VR untuk pengalaman yang lebih nyata.

Teknologi yang digunakan pada sarung tangan kontroler VR ini nampak lebih canggih dibandingkan PlayStation Move yang diperkenalkan saat perilisan PlayStation 3. Namun ada beberapa kemiripan di antara kedua perangkat ini, seperti pendaran untuk menunjukkan interaksi, kemampuan untuk memberi umpan balik haptic, hingga sensor untuk gerakan inersia dan tekanan.

Sony mengungkapkan bahwa pengguna yang memakai sarung tangan VR tersebut bisa menyentuh, menekan, melemparkan, atau memindahkan obyek, dan juga melakukan gerakan lain yang mirip.

Masih belum ada kejelasan apakah Sony akan menerapkan berbagai teknologi VR ini pada perangkat headset PlayStation VR yang saat ini sedang mereka garap. [HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI