Sony Bawa Earbud di Film ‘Her’ ke Dunia Nyata

MWC 2016

Telset.id, Jakarta – Sony telah mengumumkan sebuah earbud yang menempatkan asisten virtual di telinga pengguna. Perangkat yang dijuluki Xperia Ear ini membawa teknologi smartphone lebih dekat dengan kemampuan kecerdasan buatan (artificial intelligence/ AI) seperti yang digambarkan dalam film Her.

Sony benar-benar ingin unjuk gigi di event MWC 2016. Selain memperkenalkan smartphone dari lini baru Xperia X, raksasa elektronik Jepang ini juga memamerkan sejumlah aksesoris keren. Salah satunya adalah Xperia Ear.

Sony telah menegaskan akan membuat perangkat buatannya bisa selalu terhubung. Ini merupakan bagian dari rencana mereka untuk mendorong brand Xperia tak hanya menjadi sekedar produk ponsel dan tablet saja.

Smart earbud di Film Her
Smart earbud di Film Her

Lalu apa keistimewaan earbud besutan Sony ini? Xperia Ear dilengkapi sensor proximity yang mampu mengirimkan notifikasi pada ponsel Android yang telah dihubungkan secara nirkabel setiap kali pengguna memasangkannya di telinga.

Ada aplikasi pendamping yang diinstall di ponsel untuk nantinya bisa menginformasikan langsung ke telinga pengguna tentang kondisi cuaca, agenda pertemuan, postingan sosial media, panggilan telepon yang terlewatkan, dan juga berita terkini atau terpopuler yang sedang viral.

Kecanggihan earbud ini tak hanya sampai disitu. Sony juga memberi kemampuan pada Xperia Ear untuk bisa merespon perintah suara untuk melakukan pencarian di Internet, panduan navigasi, dan dapat untuk menulis/ menjawab isi pesan dengan suara.

Sayangnya, daya tahan baterai Xperia Ear terbilang lemah, karena hanya bisa bertahan selama 3,5 jam untuk penggunaan aktif. Tapi, menurut Sony, waktu tersebut sudah mencukupi untuk kebutuhan saat ini.

Produk earbud dengan konsep seperti ini memang bukan yang pertama di Android. Sebelumnya Motorola juga pernah merilis produk serupa, yaitu Motorola Hint Bluetooth earbud. Namun harus diakui, Xperia Ear memiliki kemampuan yang lebih banyak.

Melihat kemampuan yang dimiliki Xperia Ear cukup banyak, Sony nampaknya ingin membuat penggunanya benar-benar bisa ‘hands-free’, dan tak terus-terusan memegang ponsel atau terpaku melihat layar tablet. Cukup keren, bukan. [HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here