MWC 2016

Huawei Matebook, Laptop Hybrid Pesaing iPad Pro

Telset.id, Jakarta – Huawei menjadi salah satu wakil China yang ikut meramaikan perhelatan Mobile World Congress 2016. Kali ini, Huawei memboyong laptop hybrid terbarunya yang dijuluki Matebook.

Disebut Matebook, karena laptop hybrid yang digadang-gadang sebagai pesaing iPad Pro dan Surface Pro 4 ini dilengkapi detachable tablet. Seperti laptop hybrid umumnya, Huawei juga melengkapi perangkat barunya ini dengan keyboard.

Keyboard-nya ini terbilang ergonomis dan spill proof. Huawei juga melengkapinya dengan MatePen Stylus yang dapat digunakan untuk menggambar atau menulis dengan 2048 level tekanan.

Melihat desainnya, Matebook menggunakan 100% Aluminum Unibody desain yang membuatnya nampak lebih premium. Ukuran dimensi laptop ini lumayan tipis, hanya 6.9mm, dengan bobot sekitar 640gr, lebih ringan dari iPad Pro (713gr) dan Surface Pri 4 (766gr).

Untuk spesifikasinya, Matebook memiliki layar IPS LCD 12 inci dengan resolusi 2160×1440 piksel. Sebagai perbandingan, iPad Pro memiliki resolusi 2732×2048 dan Surface Pro 2736×1824. Matebook juga unggul screen-to-body ratio dengan 84%, sementara iPad Pro (76%) dan Suraface Pro 4 (77%).

Konsekwensi yang diambil Huawei untuk membuat bodi laptopnya lebih tipis adalah kapasitas baterainya yang tidak terlalu besar, yakni hanya 4430mAh. Huawei mengklaim baterai ini mampu bertahan lebih lama hingga 25% dan 10 jam pernggunaan.

Sebagai pelengkap, Huawei juga menyertakan portable charger super ringan dengan 12V/9V/5V auto-adaptive charging. Menariknya, portable charger ini juga bisa digunakan untuk mengisi ulang smartphone.

Bagaimana dengan jeroannya? Matebook disokong oleh prosesor Intel Core M generasi ke-6. Pengguna bisa memilih antara prosesor dual-core Core M3, M5 atau M7 (3.1GHz). Huawei juga memberikan opsi RAM dan storage berbeda, antara 4GB atau 8GB RAM dan 128GB atau 512GB storage.

Laptop 2 in 1 ini berjalan pada sistem operasi Windows 10, dengan opsi Windows 10 Home dan Professional editions. Huawei juga menambahkan fitur fingerprint sensor di samping perangkat yang diklaim pertama di dunia.

Huawei Matebook akan tersedia dalam dua varian warna, yakni panel hitam dengan bodi abu-abu dan panel putih dengan bodi gold. Yang paling ditunggu pasti adalah soal harganya.

Huawei membanderol laptop 2 in 1 Matebook pada kisaran harga mulai USD 699 atau Rp 9,4 jutaan untuk model Core M3 dengan 4GB RAM dan 128GB SSD. Sedangkan untuk versi mahalnya dijual seharga USD 1599 atau Rp 21,4 jutaan untuk model Core M7 dengan 8GB RAM dan 512GB SSD. [HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Rekomendasi 10 Game Anak-anak Terbaik di Android 2020

Telset.id, Jakarta - Smartphone dan gaming sepertinya telah menjadi hal yang sulit dipisahkan belakangan ini. Kini, bahkan anak-anak memanfaatkan...

Sony Gelar Acara 3 Juni, Siap Pamerkan PlayStation 5?

Telset.id, Jakarta - Setelah sempat diumumkan pada tahun lalu, Sony PlayStation 5 sepertinya hanya tinggal menunggu waktu untuk hadir...

Barisan Smartphone Huawei dengan EMUI 10.1, Ada Huawei P30!

Telset.id, Jakarta – Jajaran produk Huawei P40 datang dengan EMUI 10.1, yang merupakan versi terbaru dari perangkat lunak EMUI...

Cara Menggunakan Layanan VoLTE Telkomsel

Telset.id, Jakarta - Seiring dengan semakin matangnya 4G, penerapan teknologi Voice over LTE (VoLTE) pun menjadi hal yang lumrah...

Siap-siap! Oppo Reno4 dan Reno4 Pro Meluncur 5 Juni

Telset.id, Jakarta - Setelah sempat wara-wiri di dunia maya, menampilkan baik rupa maupun spesifikasinya, Oppo Reno4 akhirnya benar-benar mengisyaratkan...
- Advertisement -