5 Fitur Penting yang Diharapkan di Galaxy S7 & LG G5

Telset.id, Jakarta – Duo Korea akan kembali bertarung saling menarik perhatian di perhelatan Mobile World Congress tahun ini. Samsung mengandalkan flagship Galaxy S7, sedangkan LG menyodorkan LG G5. Menariknya, kedua smartphone ini nampak berbeda tapi agak serupa.

Samsung dan LG sejatinya adalah bersaudara satu bangsa Korea Selatan. Namun meski memiliki bendera yang sama, kedua perusahaan ini merupakan rival yang selalu bersaing sengit.

Tahun ini keduanya kembali akan bertarung dengan flagship masing-masing. Sebagai raksasa teknologi, kedua perusahaan ini juga berlomba menghadirkan fitur-fitur unggulan yang menggunakan teknologi terbaru.

Yang menarik, ada beberapa fitur yang sebenarnya mirip atau mungkin memang sengaja dibuat untuk menyaingi satu sama lain. Nah, berikut ini 5 fitur penting yang akan ditemukan pada Galaxy S7 dan LG G5:

1. Fitur Always On Display

Samsung belum lama ini mendaftarkan paten teknologi layar yang meraka namakan ‘Always On Display’ di Korea Selatan. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan layar akan selalu aktif. Layar akan menampilkan informasi penting seperti waktu, tanggal, cuaca, pesan, berita, entri kalender, atau pemberitahuan dengan latar belakang hitam. Meski terus menyala, namun fitur ini diklaim sangat irit baterai.

Hanya berselang beberapa hari, LG mengkonfirmasi lewat postingan di Facebook, bahwa LG G5 juga dilengkapi fitur serupa dengan nama “Always On”. Fitur ini juga akan memungkinkan layar bisa menampilkan informasi dasar, seperti jam, tanggal dan notifikasi dalam format black-and-white.

Fitur always on sendiri sebenarnya sudah ada atau mirip dengan fitur Active Display milik Motorola, Ambient Display dari Google, atau Glance Screen punya Nokia. Fitur ini memungkinkan pengguna memeriksa notifikasi yang masuk, seperti panggilan, pesan, acara kalender, atau email, tanpa harus menggunakan seluruh layar.

2. Fitur Sensor Sidik Jari

Untuk Samsung, fitur pemindai sidik jari bukanlah baru pertama kali dihadirkan pada flagship mereka, karena pada Galaxy S5 dan Galaxy S6, fitur ini sudah ada. Samsung diyakini akan kembali menghadirkan fitur pemindai sidik jari yang tertanam dalam tombol home di Galaxy S7.

Sementara untuk LG, fitur pemindai sidik jari akan mulai ditanamkan pada flagship seri G, karena pada LG G4, fitur ini masih absen. Menurut rumor yang beredar, sensor sidik jari di LG G5 mungkin akan sama seperti pada LG V10, yang tertanam pada tombol daya di bagian belakang perangkat.

3. Fitur USB Type-C

Fitur USB Type-C sekarang menjadi standar yang digunakan smartphone premium. Begitupun untuk Galaxy S7 dan LG G5, port standar terbaru USB Type-C mungkin akan kita jumpai. Banyak keuntungan yang didapat dengan fitur ini, seperti kenyamanan, port lebih kecil dan bisa digunakan reversibel atau bolak-balik.

Kabarnya port USB Tipe-C pada Galaxy S7 akan mendukung pengisian cepat. Sementara, pada LG G5, masih belum ada informasi pasti apakah juga memiliki kemampuan yang sama untuk pengisian cepat.

4. Desain Bodi Metal

LG G5 kemungkinan akan menjadi smartphone flagship pertama LG yang menggunakan material dari bahan metal. Sejumlah rumor menyebutkna bahwa, seluruh bodi G5 mungkin akan berbahan metal. Sementara, Galaxy S7 masih mengusung desain yang mirip dengan pendahulunya, Galaxy S6, yang memadukan metal dan kaca. Yang jelas, kedua flagship ini akan memakai material premium, yang sudah menjadi standar baru bagi smartphone flagship terkini.

5. Fitur Slot MicroSD

Seharusnya tidak ada yang mengejutkan jika G5 LG memiliki slot kartu microSD, karena sebelumnya LG selalu menghadirkan fitur ini pada setiap smartphone flagship-nya, seperti G4, G3, dll, yang mana semua memiliki memori yang dapat diupgrade. Namun untuk Samsung, justru masih menjadi pertanyaan apakah akan melengkapi Galaxy S7 dengan slot kartu microSD.

Pertanyaan muncul karena Samsung menghilangkan fitur ini pada Galaxy S6, yang saat itu banyak menuai protes dari penggunanya. Kabarnya, Samsung akan mengembalikan fitur yang sempat hilang pada Galaxy S6 ini pada Galaxy S7. Kabar ini tentu saja menjadi berita gembira bagi fans Samsung, karena mereka akan kembali bisa mendapatkan slot kartu microSD.[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI