Cara Membuat Google Maps Lebih Irit Baterai

Aplikasi pemetaan semakin penting, karena banyak digunakan para pengguna smartphone. Google Maps menjadi salah satu aplikasi pemetaan yang keren, karena selain ketepatan informasi peta, juga memiliki fitur pendukung yang lengkap. Namun dibalik semua kelebihannya itu, Google Maps juga menyimpan masalah, karena sangat haus daya.

Google Maps memang sangat membantu disaat kita membutuhkan informasi peta dan juga kondisi trafik lalu lintas yang akan dilalui. Namun untuk bisa menyuguhkan itu semua, Google Maps menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak menyedot baterai smartphone. Sebab software yang menjalankan layanan pemetaan termasuk berat.

Tapi tak perlu khawatir, karena sebenarnya ada beberapa trik yang bisa Anda jalankan untuk bisa menekan konsumsi daya baterai saat memakai Google Maps. Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba:

1. Mematikan akses lokasi Google

Perangkat Andaroid memiliki fitur lokasi yang akan terhubung pada semua layanan yang mengakomodir informasi lokasi pengguna. Fitur ini merupakan kemampuan yang sudah tersedia saat mengaktifkan Maps.

Anda bisa mengubah settingan pengaturan lokasi menjadi tidak aktif jika tidak sedang memakai Maps, agar dapat menghemat baterai. Pengaturan lokasi bisa kembali diaktifkan saat Anda akan mencari alamat dengan Maps.

2. Lakukan clear cache di Google Maps

Data tersembunyi atau cache pada aplikasi sebenarnya berfungsi untuk memudahkan pengguna. Karena dengan data yang tersimpan, pengguna akan lebih mudah saat membuka Maps, karena tak harus mengimput ulang data yang dibutuhkan. Meski begitu, Anda dianjurkan untuk melakukan clear cache atau membersihkan data tersembunyi.

Kenapa Anda harus melakukan clear cache? Karena data tersembunyi ini akan menyedot banyak daya baterai. Meski aplikasi sedang tak dibuka, namun perangkat tetap menjalankan data aplikasi tersembunyi tersebut, sehingga akan memangkas daya baterai.

3. Turunkan versi Google Maps

Tips yang terakhir adalah dengan cara untuk tidak memperbarui versi aplikasi, karena semakin diupdate maka Maps akan semakin pintar dan kaya fitur. Sebagai pengguna, Anda tentu akan sangat terbantu dan dimudahkan dengan berbagai fitur baru. Namun dibalik itu, software akan semakin berat bekerja dan menjadikan baterai cepat terkuras.

Itu sebabnya, tak ada salahnya Anda cukup menggunakan Maps versi lama. Tentunya jika Anda hanya menggunakan aplikasi sebatas mencari alamat lewat layanan tersebut.Tips yang terakhir ini memang agak sedikit kurang menarik, tapi jika Anda sangat ingin baterai smartphone menjadi lebih awet, tips ini bisa dicoba bukan? [HBS]

 

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI