Bos Apple: Penjualan iPad akan Kembali Booming

Tim Cook

JAKARTA, TELSET.id – Pasar tablet tengah lesu. Hal itu juga disadari oleh Apple, karena penjualan iPad juga dikabarkan menurun di kuartal keempat 2015 lalu. Meski begitu, CEO Apple, Tim Cook yakin penjualan iPad akan kembali naik di akhir tahun ini. Apa alasannya?

Penjualan Apple iPad dilaporkan mengalami penurunan sebesar 24,8% pada kuartal keempat 2015, dibanding kuartal yang sama tahun sebebelumnya.

Menurunnya penjualan iPad disebut-sebut karena imbas dari dirilisnya phablet iPhone 6 Plus dan iPhone 6s Plus. Selain itu, karena siklus upgrade tablet lebih lama dibanding smartphone, yang setiap dua tahun baru diganti.

Namun CEO Apple, Tim Cook coba menebar optimisme dengan mengatakan penjualan iPad akan kembali naik di akhir tahun ini. Rasa optimis itu muncul karena Apple tengah menyiapkan peluncuran iPad Air 3 di tahun ini.

Berdasarkan beberapa bocoran informasi sebelumnya, iPad Air 3 disebutkan akan hadir dengan fitur-fitur yang juga ada di iPad Pro 12,9-inci. Perbedaannya hanya pada bentuknya yang lebih kecil, dan harganya yang lebih murah.

iPad Air 3 diharapkan akan hadir dengan sistem quad-speaker, dukungan Smart Connector yang berbasis tenaga magnet untuk menghubungkannya dengan beragam aksesoris, seperti Smart Keyboard dan Apple Pencil.

Selain itu, iPad Air 3 juga kabarnya akan memiliki chipset Apple A9X, yang merupakan chip terbaru dan paling mutakhir yang dibuat Apple. Tablet ini diperkirakan akan diperkenalkan Apple bulan Maret dalam sebuah acara media.

Cook juga mengungkapkan, bahwa Apple kemungkinan akan merilis lebih banyak aplikasi multi-platform yang bisa digunakan pada sistem operasi iOS dan Android.

Saat ini Apple memiliki aplikasi Apple Music untuk para pengguna Android. Aplikasi ini menawarkan penjualan musik, buku, dan video pada iTunes ke Android, yang diharapkan bisa menambah pundi-pundi Apple, mengingat Android adalah sistem operasi terbesar di dunia.

Selain membahas iPad, Cook juga mengingatkan bahwa jumlah iPhone yang terjual pada kuartal keempat tahun lalu, yaitu sekitar 74,8 juta unit, sama dengan jumlah kombinasi populasi masyarat di New York, London, Beijing, dan Shanghai.

Dan terakhir, bos Apple ini mengatakan bahwa Apple Watch tidak hanya menjadi salah satu hadiah “terpanas” selama liburan, tapi juga berhasil mencatat rekor penjualan perdana melebihi jumlah iPhone yang terjual pertama kali di tahun 2007. [HBS]

 

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI