XL Ujicoba Secara Live VoLTE & RCS

Foto: XL Axiata

Telset.id – XL melengkapi ekosistem 4G LTE yang mereka miliki dengan menyiapkan layanan VoLTE (Voice Over LTE) dan RCS (Rich Communication Suite). XL menggelar ujicoba kedua layanan tersebut di Surabaya dan Denpasar.

XL menyatakan ujicoba yang mereka dilakukan ini merupakan yang pertama kali di Indonesia dilakukan diluar ruangan dan secara live, bukan hanya dalam laboratorium.

Untuk diketahui, VoLTE adalah merupakan layanan suara (nelpon) via jaringan data LTE, sedangkan RCS merupakan layanan komunikasi yang diperkaya dan lebih lengkap di atas sambungan internet.

Chief Brand & Customer Experience XL, Nicanor V. Santiago III, mengatakan bahwa ujicoba dilakukan secara bersamaan dengan melakukan sambungan percakapan antar dua lokasi yakni Surabaya dan Denpasar.

“Ujicoba yang kami lakukan ini didasari pertimbangan keinginan kami untuk mampu memberikan layanan panggilan voice dan video yang superior kepada pelanggan,” kata Nicanor, dalam keterangannya yang diterima Telset, Jumat (5/2/2016).

Nicanor melanjutkan, XL benar-benar telah menyiapkannya secara seksama melalui ujicoba yang terus menerus untuk memastikan kualitasnya. Hasilnya sangat baik, dan akan terus dikembangkan untuk penambahan fitur-fitur lainnya.

“Jadi pada dasarnya jika sewaktu-waktu akan diluncurkan, XL sudah siap. Kami juga mengupayakan kesiapan dari sisi handset di market yang memiliki fitur untuk menggunakan VoLTE,” paparnya.

Bisa disebut RCS sebagai pelengkap dari VoLTE. Dengan hadirnya kedua teknologi ini, XL berharap dapat terus memberikan layanan panggilan voice dan video yang lebih baik kepada pelanggan dalam pemanfaatan jaringan LTE. [HBS]

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI