Telkomsel Siap Kawal Malam Pergantian Tahun

Telkomsel COMBAT BTS
Compact Mobile BTS Telkomsel (dok. tsel)

JAKARTA – Menjelang liburan pergantian tahun, tempat-tempat wisata akan menjadi lokasi yang paling diburu masyarakat. Sebagai langkah antisipasi, Telkomsel telah menyiagakan Compact Mobile BTS untuk menjamin kualitas jaringan di titik keramaian utama yang diprediksi akan dipadati pelanggan.

Telkomsel memastikan kesiapan jaringannya di berbagai lokasi wisata yang diprediksi akan menjadi pusat keramaian di momen Tahun Baru. Secara nasional, Telkomsel telah melakukan identifikasi terhadap 665 titik keramaian utama atau disebut dengan PoI (Point of Interest).

“Kualitas jaringan selama masa pergantian tahun di titik-titik keramaian khususnya lokasi wisata akan terus kami kawal, sehingga pelanggan tetap nyaman  berkomunikasi, sekalipun ada lonjakan trafik komunikasi yang tinggi,” kata Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel, Venusiana Papasi

Menurutnya, layanan data menjadi fokus utama tahun ini, mengingat aktivitas pelanggan dalam menggunakan social media sangat tinggi untuk berbagi momen spesial seperti tahun baru.

Khusus di ibukota, beberapa lokasi yang diprediksi menjadi pusat keramaian, baik di saat malam pergantian tahun maupun di hari pertama tahun 2016 adalah di Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, Bundaran Hotel Indonesia (HI) dan Monas.

Di lokasi-lokasi tersebut, pengamanan jaringan diantaranya dilakukan Telkomsel dengan menyiagakan Compact Mobile BTS (COMBAT) untuk menjamin kualitas jaringan tetap prima.

“Di beberapa lokasi wisata utama kami bahkan menyiagakan COMBAT dengan jumlah lebih dari hari libur biasanya,” terangnya.

Seperti misalnya di Taman Impian Jaya Ancol, tepatnya di sekitar Pantai Carnaval Ancol, sebanyak 5 unit COMBAT, dimana 3 diantaranya menghadirkan layanan 4G. Kemudian di Taman Mini Indonesia Indah sebanyak 2 unit COMBAT

“Kami alokasikan lebih banyak, karena diprediksi jumlah pengunjung akan membludak, bersamaan dengan digelarnya sejumlah puncak pertunjukan malam akhir tahun,” ujar Venusiana.

Sebelumnya, secara nasional Telkomsel telah memprediksi adanya kenaikan layanan data pada momen Tahun Baru mencapai 2.000 Terabyte atau naik 22.6% dibandingkan trafik data rata-rata di hari normal sepanjang tahun 2015.

Sementara itu, layanan suara diperkirakan menjadi 1,64 Milyar menit atau naik 6,4%, sedangkan trafik SMS diperkirakan menjadi 1,04 Milyar SMS atau naik 18,8% dibandingkan dengan trafik normal hari biasa.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, selain didukung lebih dari 100.000 BTS, secara nasional Telkomsel mengerahkan sebanyak 93 COMBAT di berbagai lokasi wisata padat pengunjung  di seluruh Indonesia yang menjadi pusat perayaan malam tahun baru.

Layanan Kontak Pelanggan

Telkomsel Tahun Baru 2016

Selain predikasi melonjaknya trafik penggunaan layanan telekomunikasi, Telkomsel juga sudah mengantisipasi peningkatan trafik kontak pelanggan, baik untuk pemenuhan kebutuhan informasi dan produk maupun penanganan keluhan pelanggan, khususnya jelang momen pergantian malam tahun baru.

Untuk itu, Direktur Sales Telkomsel, Mas’ud Khamid bersama dengan jajaran manajemen Telkomsel Area Jabotabek Jabar belum lama ini melakukan pengecekan langsung untuk memastikan kesiapan personil dan fasilitas Integrated Back End Support (IBES) Telkomsel.

Fasilitas ini setiap harinya selama 24 jam nonstop bertanggung jawab merespon kebutuhan pelanggan dari sejumlah customer touch point digital, seperti Caroline (Customer Service Online/Call Center), akun resmi social media Telkomsel (Facebook dan Twitter) serta kontak email.

Mengantisipasi malam pergantian tahun, Telkomsel memprediksi kenaikan 30% trafik kontak pelanggan, khususnya melalui jalur Caroline, yang umumnya didominasi informasi proses aktivasi paket data dan pergantian simcard hilang atau rusak.[HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI