Jaringan XL Siap Hadapi Lonjakan Trafik

XL Natal & Tahun Baru 2016JAKARTA – Tak mau kalah dengan operator lainnya, XL Axiata juga telah menyatakan jaringannya siap menyambut lonjakan trafik komunikasi selama musim libur akhir tahun, khususnya saat momen Natal dan Tahun Baru.

“Jaringan kami siap setiap saat jika terjadi lonjakan kapan pun, terlebih jika menghadapi hari-hari besar dan liburan panjang seperti Natal dan Tahun Baru,” kata Chief Service Management Officer XL, Yessie D. Yosetya.

Selama Natal dan Tahun Baru, XL memperkiraan kenaikan trafik akan terjadi pada semua layanan, baik data, SMS, juga voice. Untuk layanan Data, diperkirakan akan naik sekitar 15-20%, voice 5%, dan SMS 10%.

Persiapan yang telah dilakukan oleh XL antara lain berupa penambahan kapasitas jaringan dan juga BTS. Berbeda dengan Ramadhan dan Lebaran, peningkatan trafik di saat Natal dan Tahun Baru cenderung terjadi di area tertentu.

Karena itu, XL memastikan kapasitas jaringan XL cukup untuk menghadapi kenaikan trafik terutama di jaringan Core Data Services. XL juga melakukan penambahan BTS, penambahan kapasitas, dan juga melakukan optimisasi di beberapa area yang terindikasi akan mengalami kenaikan trafik.

Optimisasi jaringan dan penambahan BTS dilakukan terutama di area yang menjadi pusat keramaian. Di Jabodetabek, dilakukan optimisasi antara lain di Monas, Bundaran Hotel Indonesia, Ancol, Ragunan, Taman Mini Indonesia Indah, dan kawasan Puncak.

Sementara di Bandung, optimisasi antara lain di Alun-alun, Dago, dan Gasibu. Sedangkan Yogyakarta di Alun-alun, sepanjang Malioboro, dan Pantai Parang Tritis.

Untuk Surabaya, optimisasi antara lain di Kebun Binatang Surabaya, Jembatan Suramadu, Pantai Ria Kenjeran, Taman Bungkul, Tugu Pahlawan, Taman Remaja, Ciputra Water Park, House of Sampoerna, serta Monumen Kapal Selam.

Bali di area Pantai Kuta, Pantai Pandawa, Renon, Sanur, Tanjung Benoa, dan Ubud. Sementara itu di wilayah lainnya antara lain Bandara Hasanuddin Makasar, Bandara Sam Ratulangi Manado, dan Bandara Pattimura Ambon.

Jaringan XL juga telah didukung dengan teknologi MSC pool dan SGSN in pool secara nasional. Dengan menerapkan sistem pool ini, jaringan XL akan terlindung dari lonjakan trafik pada satu lokasi tertentu, karena kapasitas jaringan tersebar di beberapa titik.

Selain itu, XL juga sudah mengantisipasi potensi lonjakan traffic dari setiap layanan, termasuk dengan meningkatkan kapasitas jaringan hingga 2-4 x lipat kondisi trafik normal.

Pelanggan XL juga sudah bisa menikmati layanan 4G LTE di berbagai wilayah di Indonesia, diantaranya Medan, Bogor, Mataram, Denpasar, Surabaya, Bandung, Jakarta, Batam, Pekanbaru, Palembang, Purwakarta, Cirebon, Pekalongan,Tegal, Pacitan, Madura, Manado dan Banjarmasin, serta Yogyakarta. [HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI