Jobplanet, Platform Komunitas Pencari Kerja

JobplanetJAKARTA – Bagi Anda yang lagi mencari kerja atau berpikir untuk mencari peluang pindah kerja, ada sebuah platform komunitas bernama Jobplanet, yang bisa berbagi informasi seputar dunia kerja dan review mengenai seluk-beluk perusahaan.

Situs informasi kerja memang sudah cukup menjamur di Indonesia. Namun Jobplanet coba memberikan sesuatu yang baru bagi para pencari kerja. Jobplanet merupakan platform komunitas untuk berbagi informasi seputar dunia kerja dan review mengenai seluk-beluk perusahaan.

Seperti review tentang budaya dan suasana kerja di perusahaan, info gaji, serta kisi-kisi pertanyaan dalam wawancara kerja. Platform ini dikembangkan untuk menjadi sumber informasi dan referensi bagi para pencari kerja dan karyawan yang ingin meningkatkan karir.

Sayangnya, tidak banyak orang yang beruntung bisa mendapatkan pekerjaan impian di perusahaan idamannya. Kendalanya bukan hanya talenta, karena ternyata banyak pula orang yang pandai dan bertalenta terjebak pada pekerjaan yang kurang sesuai dengan talenta mereka

Hal itu dapat terjadi karena berbagai kendala. Salah satunya, karena banyak calon pekerja dan karyawan kesulitan mendapatkan informasi mengenai seluk-beluk perusahaan tempat mereka akan bekerja, termasuk informasi suasana perusahaan dan informasi soal gaji.

“Selama ini, informasi mengenai seluk-beluk perusahaan serta informasi soal gaji dan kisi-kisi pertanyaan dalam wawancara kerja amat sulit didapatkan oleh para pencari kerja,” kata Kemas Antonius, Chief Product Officer, Jobplanet di Indonesia saat meluncurkan Jobplanet di Jakarta, Kamis (17/12/2015).

Menurutnya, informasi mengenai gaji dipandang sebagai hal yang bersifat rahasia dan kurang pantas untuk dibicarakan dengan orang lain. Hal inilah yang menjadi tantangan terbesar para pencari kerja dalam menggapai karir yang mereka impikan.

“Hal itulah yang menyebabkan banyak calon karyawan salah langkah dalam melakukan negosiasi gaji atau gagal dalam tes wawancara kerja,” tukasnya.

Ia menambahkan, tidak sedikit calon pekerja yang sebenarnya bertalenta gagal dalam wawancara kerja karena kurang mengantisipasi pertanyaan ‘jebakan’ dari tim recruiter atau HRD. Banyak juga karyawan yang merasa terjebak karena tidak nyaman dengan suasana kerja di perusahaan tempat ia bekerja.

“Jobplanet ingin membantu para karyawan dan calon pekerja mempersiapkan diri mereka untuk mendapatkan karir terbaik sesuai dengan talenta dan harapan mereka,” tutur Kemas.

Kehadiran Jobplanet di Indonesia tidak hanya akan membantu calon pekerja dan karyawan, tetapi juga dapat membantu perusahaan dalam mengukur kualitas serta tingkat kepuasan karyawan mereka.

“Melalui website kami, HRD atau perwakilan dari perusahaan dapat membaca secara langsung pendapat dari para karyawan mengenai suasana dan budaya kerja,” klaimnya.

Jobplanet mulai beroperasi di Indonesia sejak bulan Agustus 2015. Hingga awal Desember 2015, komunitas ini telah memiliki sekitar 200.000 anggota dan telah mengumpulkan 80.000 review dalam database-nya.[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI