Hands On: Lenovo Vibe S1

Vibe S1 whiteBALI – Setelah penantian panjang – sejak IFA Berlin beberapa bulan lalu – Lenovo Vibe S1 akhirnya resmi tersedia di pasar Indonesia. Diklaim sebagai selfie maker, dimana ia memiliki dua kamera sekaligus di bagian depan, sehebat apa sih sebenarnya Vibe S1?

Design

Dengan harga yang terbilang tidak murah – Rp 4 juta – masuk aka jika Lenovo mendandani Vibe S1 dengan lebih ciamik. Memang, sepintas terlihat sama saja dengan perangkat Lenovo lainnya, namun ini lebih kompak dan terkesan elegan. Panel kaca di sisi belakang, plus desain unibody yang dibawanya, kami rasa adalah salah satu alasannya.

Di bagian depan, seperti biasanya, ada tiga tombol yang tidak menjadi bagian dari layar, terdiri dari menut utama, task bar, dan back. Berbaris bersama layar seluas 5 inci dan dua kamera depan dengan sensor cahaya. Sementara di sisi kanan ada tombol volume dan tombol power, di sisi kiri ada slot kartu microSD dan laci SIM. Port microUSB yang dapat digunakan baik untuk charging maupun mengirim data akan bisa Anda temukan di bagian bawah, dengan dua speaker di sisi kiri dan kanannya, berseberangan dengan jack audio 3.5mm yang ada di bagian atas.

Di bagian belakang, duduk dengan manis kamera utama dengan resolusi 13MP dan lapu flash.

Display

Vibe S1 datang dengan bentang layar 5 inci, full HD IPS yang memiliki resolusi 1920 x 1080 piksel (441ppi). Sama seperti bagian belakang baadannya, yang sudah dilindungi Corning Gorilla Glass, bagian depan juga dikawal kaca serupa (Gorilla Glass 3). Dalam pengamatan sekilas tim telsetNews, layar juga terlihat jernih dengan warna-warna yang alami dan sudut pandang yang luas.

20151216_220013

Hardware

Untuk urusan kinerja, Lenovo membekali Vibe S1 dengan prosesor octa-core MediaTek 1,69 GHz, lengkap dengan sokongan GPU Mali T760-MP2, RAM 3, dan penyimpanan internal 32GB. Jumlah ini tentu lebih dari cukup untuk menyimpan semua hasil selfie Anda. Pun kalaupun kurang, Lenovo juga menyediakan luas tambahan hingga 128GB.

Bersamaan dengan itu semua, Lenovo juga mentenagai Vibe S1 dengan baterai sebeesar 2.500 mAh. Menurut perusahaan, baterai ini akan memberi Anda kekuatan 264 jam dan 240 jam siaga di jaringan 2G dan 3G masing-masing. Perlu dilihat bagaimana ia bertahan dalam jaringaan 4G.

20151216_214803Software

Mengikuti tren yang sedang berkembang saat ini, Lenovo juga melengkapi Vibe S1 dengan dukungan 4G. Hal ini memungkinkan Anda menjadi bagian dari era digitalisasi, tanpa perlu merogoh kocek terlalu dalam. Yah, paling tidak setengah dalam. Di atas layar, selain UI khas milik Lenovo (Vibe UI), kita juga akan disuguhkan oleh manisnya Android Lollipop 5.0, dengan peluang update ke Marshmallow di masa mendatang. Menurut rumor, itu akan terjadi sekitar bulan Mei tahun depan.

20151216_22010720151216_220131Camera

Nah, ini adalah fitur yang paling perlu dihighlight,apalagi mengingat statusnya sebagai ponsel selfie. Di sini, tak tanggung-tanggung, Lenovo mempersenjatai Vibe S1 dengan dua kamera depan sekaligus, yakni mereka yang memiliki resolusi 8 MP – bertugas untuk mendapatkan fokus – dan 2 MP yang berperan untuk mendapatkan kedalaman gambar. Di bagian belakang, kamera utama dengan resolusi 13 MP turut menjadi pelengkap.

Kami sempat menggunakan kamera utamanyaa untuk mengambil gambar beberapa kali, dan hasilnya tidak terlalu mengesankan. Apalagi di dalam keadaan minim cahaya. Namun, duo kamera di bagian depan terbilang bertugas dengan baik. Tak hanya menghasilkan gambar yaang jernih, tetapi juga tajam. Tambahan beberapa fitur keren, seperti change backgroud juga memungkinkan Anda berkreasi lebih banyak, jika tidak bisa dibilang membohongi publik. [IF]

Artikel SebelumnyaMei, Lenovo Vibe S1 Terima Update Marshmallow
Artikel SelanjutnyaMicrosoft Azure Tawarkan Keamanan dan Efisiensi Bagi Karyawan Perbankan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini