Tim Cook Ejek Chromebook Cuma Alat Ujian di Sekolah

Chromebook di sekolahJAKARTA – Laptop Google Chromebook berhasil menggeser iPad sebagai perangkat paling populer di berbagai sekolah di Amerika Serikat. Keberhasilan ini ternyata mendapat tanggapan “nyinyir” dari bos Apple, yang mengatakan tidak akan meniru cara Google untuk membuat laptop berharga murah yang membidik segmen pendidikan.

Apple sejak tahun 1980 telah menguasai pasar pendidikan di AS dengan produk-produk komputer Mac dan juga iPad. Perangkat komputer Apple menjadi perangkat paling populer di sekolah-sekolah di AS.

Namun pangsa pasar pendidikan yang selama ini dikuasai Apple berhasil direnggut Google dengan kehadiran laptop berharga murah Chromebook. Menurut data yang dirilis Google, dari setiap kelas yang ada di sekolah dan tersebar di berbagai negara bagian AS, 50% perangkat yang digunakan adalah laptop Chromebook.

Ada beberapa faktor yang membuat Chromebook kini begitu populer di banyak sekolah di AS. Selain fitur yang dimiliki laptop tersebut, faktor harga yang murah juga menjadi kunci keberhasilan Chromebook mencuri hati pihak sekolah di Negeri Paman Sam itu.

Keberhasilan ini ternyata membuat kuping orang-orang di Apple sedikit panas. Bahkan CEO Apple, Tim Cook membuat pernyataan yang agak sinis dengan mengatakan Apple tidak akan mengikuti cara Google yang merilis produk laptop berharga murah.

Bos Apple ini bahkan memberikan komentar nyinyir pada laptop buatan Google itu. Menurutnya, Chromebook hanya “perangkat untuk kebutuhan ujian saja”, tapi tidak bisa mendidik siswa untuk benar-benar belajar seperti halnya produk-produk Apple.

“Tes atau ujian tak menciptakan pembelajaran (bagi para siswa). Kami (Apple) lebih tertarik untuk membantu para siswa belajar, juga membantu para guru dalam mengajar, bukan sebatas menyampaikan ujian atau tes saja,” ujar Cook dalam sebuah wawancara dengan BuzzFeed News, pada Rabu lalu.

“Kami menciptakan produk yang bisa menjadi solusi menyeluruh bagi setiap orang, dan memungkinkan anak-anak untuk belajar menciptakan dan melakukan tindakan pada tataran yang berbeda,” klaimnya lagi.

Apapun klaim yang diucapkan Cook tentang produk Apple, namun komentar Cook tadi mengisyaratkan bahwa Apple mengakui peningkatan popularitas Chromebook di segmen pendidikan, sebagai perangkat komputerisasi dari materi ujian yang telah disetarakan.

Hal ini juga sejalan dengan kecenderungan di setiap negara bagian AS yang mengalihkan agenda ujian tahunan mereka dari media lembaran kertas ke perangkat komputer.

Untuk itu, setiap sekolah di berbagai distrik sangat mendesak membutuhkan banyak perangkat komputer, tapi berharga murah untuk mengakomodasi para siswa selama periode pelaksanaan ujian.

Setiap sekolah juga mewajibkan menggunakan aksesori keyboard sebagai kelengkapan wajib dalam pelaksanaan ujian. Syarat inilah yang menjadi salah satu faktor pihak sekolah untuk beralih menggunakan Chromebook.

Selain faktor harga Chromebook yang cuma separuh dari harga iPad, pertimbangan lain karena Chromebook telah terintegrasi secara gratis dengan layanan Google untuk bidang pendidikan, seperti Gmail, Docs, dan Calendar. Faktor inilah yang membuat Chromebook dipakai oleh lebih dari 50 juta guru dan murid di AS.[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI