Sony Akuisisi Divisi Image Sensor Toshiba

Sony Xperia smartphoneJAKARTA – Rumor tentang rencana Sony yang ingin mengakuisisi unit bisnis image sensor milik Toshiba bukan isapan jempol. Raksasa elektronik asal Jepang itu akhirnya mengumumkan telah sepakat melakukan proses akuisisi tersebut.

Untuk membeli unit bisnis image sensor Toshiba, pihak Sony menggelontorkan uang sebesar 19 miliar yen (USD 155 juta) atau sekitar Rp 2,1 triliun. Namun pihak Sony dan Toshiba masih menunggu persetujuan regulator atas proses akuisisi ini.

Sony dan Toshiba berharap proses pembelian akan rampung di akhir tahun finansial ini, atau paling lambat pada bulan Maret 2016 nanti.

Dengan pembelian tersebut, maka Sony akan memiliki pabrik pembuatan sensor kamera Toshiba yang terletak di Oita, Jepang. Pabrik dengan 1100 orang karyawan itu memproduksi sensor kamera tipe CMOS dan kontroler memori.

Sony sendiri saat ini merupakan pemain utama di segmen sensor kamera dengan pangsa sekitar 40 persen. Sensor kamera Sony digunakan beberapa vendor besar, termasuk Samsung dan Apple dengan produk andalannya seperti iPhone 6 dan Samsung Galaxy S6.

Sementara bagi Toshiba, penjualan divisi sensor kamera ini merupakan salah satu rencana restrukturisasi yang mereka jalankan akibat skandal keuangan yang menggelembungkan keuntungan hingga USD 1,2 miliar dalam kurun waktu 6 tahun.[HBS]

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI