Dampak Buruk Sering Melihat Ponsel Sebelum Tidur

Ponsel saat tidur 3JAKARTA – Mungkin sulit untuk menghentikan kebiasaan melihat ponsel sebelum tidur. Namun tahukah Anda, kebiasaan melihat ponsel di malam hari menjelang tidur memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

Perangkat ponsel kini semakin canggih, sehingga hampir sebagian aktifitas dapat dilakukan dengan menggunakan ponsel. Sejalan dengan itu, tren sosial media juga semakin marak dikalangan pengguna ponsel. Alhasil, orang pun semakin tak bisa lepas dari ponselnya, bahkan saat menjelang tidur.

Namun perlu Anda ketahui, kebiasaan melihat ponsel di malam hari menjelang tidur sangat tidak dianjurkan, karena berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Nah, apa yang terjadi saat Anda melihat ponsel menjelang tidur, dan apa dampaknya?

Setiap layar ponsel selalu memancarkan cahaya biru terang seperti yang kita jumpai pada sinar matahari di siang hari. Oleh sebab itu, saat Anda melihat ponsel di malam hari, otak Anda akan bingung dengan cahaya itu, karena mirip seperti sinar di siang hari.

Hal ini menyebabkan otak akan berhenti memproduksi melatonin, yakni hormon yang memberikan perintah pada tubuh Anda untuk tidur (beristirahat). Karena itu, cahaya layar ponsel dapat mengganggu siklus tidur Anda.

Orang yang sering memeriksa ponsel mereka menjelang waktu tidur akhirnya baru bisa benar-benar tertidur 1 jam lebih lambat. Karena itu, cahaya di layar ponsel dapat mengganggu siklus tidur Anda.

Bahkan jika kebiasaan ini dilakukan terus menerus dalam jangka waktu panjang, maka dapat berpontensi menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Anda bisa terkena beberapa penyakit, seperti katarak, depresi, obesitas, dan juga kanker.

Nah, biar Anda memiliki gambaran tentang penjelasan ini, Anda bisa melihat infografis yang menjelaskan dampak buruk dari kebiasaan melihat ponsel di malam hari menjelang tidur. Silahkan di simak infografis di bawah ini:

Infografis dampak lihat ponsel sblm tidur

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI