Atas Perintah Pengadilan, Google & Apple Bisa Akses Smartphone Anda

Android LollipopJAKARTA – Mungkin hanya sebagian kecil dari Anda saja yang tahu, bahwa atas perintah pengadilan, baik Google maupun Apple dapat secara remote mengubah kode akses di perangkat Anda dengan versi Android atau iOS lama. Fakta ini terungkap lewat sebuah dokumen yang diposting di Reddit belum lama ini.

Menurut laporan Techradar, Rabu, 25/11), dokumen itu disiapkan oleh Kantor Kejaksaan New York, dan meneliti peran enkripsi smartphone dan keselamatan publik.

“Undang-undang federal akan memberikan substansi bahwa setiap smartphone yang diproduksi, disewakan, atau dijual di AS harus dapat dibuka, atau diakses datanya, oleh desainer sistem operasi,” kata dokumen itu.

Saat ini – setidaknya di Amerika Serikat – jika ada perintah pengadilan, Apple dan Google diwajibkan oleh hukum untuk memberikan kode akses yang ditetapkan oleh seseorang untuk mengakses isi perangkat untuk tujuan investigasi.

Kabar baik, karena Apple dan Google telah menambahkan enkripsi full-disk baik untuk iOS 8 maupun Android 5.0 dan seterusnya, yang berarti bahwa kedua raksasa teknologi ini tidak bisa lagi mengakses dari jarak jauh.

Namun yang mengejutkan, The Next Web melaporkan, bahwa menurut Android Development Dashboard, ada setidaknya 74,1% perangkat Android yang belum diupdate ke Android 6.0 Lollipop, yang dapat diakses Google dari jarak jauh jika surat perintah meminta untuk melakukannya.

Sementara di sisi Apple, hanya ada sekitar 9% perangkat yang masih menggunakan versi yang lebih tua dari iOS 8. Perlu dicatat juga bahwa Android 5.0 tidak memungkinkan enkripsi full-disk secara default, sementara iOS bisa. [IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI