Game Mobile akan Gusur Game Konsol

Game mobile candycrushJAKARTA  – Dalam laporan tahunannya yang berjudul “Essential Facts”, Entertainment Software Association of Canada (ESAC) mengungkapkan bahwa bisnis game mobile semakin tumbuh pesat, dan diramalkan akan menggusur game konsol beberapa tahun ke depan.

Menurut ESAC, sekitar 31% dari pendapatan industri video game Kanada saat ini berasal dari game-game mobile, atau nyaris sama dengan bisnis game konsol, yang mencapai 35%.

Sementara untuk pangsa pasar PC dan Mac, angka pertumbuhannya masih terbilang stabil, yakni 25%, sedikit meningkat dibanding tahun sebelumnya.

Dari data tersebut menunjukan bahwa berkembangnya industri game mobile sejalan dengan semakin pesatnya pertumbuhan ponsel dalam beberapa tahun terakhir. Suka atau tidak, game kasual terus meningkat, namun pertumbuhan ini tidak mengganggu jenis-jenis game lainnya.

Itulah mengapa publisher atau developer game konsol mulai rame-rame terjun ke bisnis game mobile. Seperti Square Enix Montreal, yang baru-baru ini merilis Lara Croft Go untuk game mobile mobile.

Sementara itu, pertumbuhan ini juga membuat para developer game konsol berlomba untuk mengakuisisi developer game mobile yang telah sukses di segmen mobile dengan nilai akuisisi yang sangat fantastis.

Seperti contohnya Activision Blizzard, yang belum lama ini mengakuisisi developer game King, yang terkenal dengan game populer Candy Crush Saga, dengan nilai akuisisi mencapai USD 5,9 milyar.

Sebagai perbandingan, jumlah ini jauh lebih besar dibandingkan saat Disney mengambil alih franchise Star Wars, senilai USD 4 milyar.

Selain menghasilkan pendapatan yang lebih besar dibandingkan game konsol, proyek untuk game mobile juga jauh lebih mudah dan murah. Sekitar 65% proyek game yang diselesaikan tahun lalu di Kanada adalah untuk mobile.

Biaya untuk pembuatan game mobile juga relatif lebih murah, yakni hanya membutuhkan biaya sekitar USD 500.000 saja, dibandingkan dengan biaya membuat game konsol yang bisa mencapai USD 17 juta

Selain itu, untuk membuat game mobile juga hanya perlu melibatkan sekitar 10 tenaga ahli dan 190 hari untuk penyempurnaan. sementara untuk game konsol butuh tim yang lebih besar, yakni sekitar 45 hingga 65 orang dengan waktu pengengerjaanya hingga 485 hari.[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI