Telkomsel Optimasi Jaringan di 30 Kota

Telkomsel BTS optimasi jaringanJAKARTA  – Sejak awal tahun, Telkomsel telah melakukan optimasi jaringan di 30 Kota di seluruh Indonesia. Optimasi ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas jaringan data di beberapa kota yang dianggap memiliki potensi penggunaan layanan broadband yang tinggi.

Program peningkatan kualitas layanan mobile broadband yang dicanangkan sejak awal tahun diusung Telkomsel ini diberi nama True Broadband Experience (TrueBEx).

“Tahun ini, program TrueBEx di 30 Kota meliputi 1.000 POI (Point of Interest) untuk memastikan kecepatan akses data dan stabilitas koneksi jaringan tetap terjaga,” kata Direktur Network Telkomsel, Sukardi Silalahi, dalam keterangan resminya, Minggu (22/11/2015).

30 kota ini meliputi kombinasi kota-kota besar dan kota-kota yang memiliki potensi penggunaan layanan broadband yang tinggi, seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, Denpasar, Makassar, Balikpapan, Yogyakarta dan Semarang.

Dalam pelaksanaan program TrueBEx, ada tiga parameter utama dari sisi network (jaringan) yang telah ditetapkan dalam menyajikan great customer experience, yaitu Coverage, Capacity dan Quality.

Coverage yang baik diharapkan akan mampu meminimalisir adanya blank spot pada sinyal. Sementara Capacity akan memastikan kesuksesan akses layanan data bagi pelanggan, dimana hal ini dilakukan dengan menjaga tingkat utilisasi jaringan 3G.

Sedangkan Quality akan menjamin kualitas jaringan berupa kecepatan dan kestabilan layanan data yang konsisten sesuai dengan kebutuhan layanan yang digunakan.

Telkomsel sendiri sejak awal tahun telah melakukan berbagai aktivitas untuk mendukung program TrueBEx, diantaranya Drive Test & Walk Test, optimalisasi jaringan, pemasangan COMBAT (Compact Mobile Base Station), penambahan BTS baru dan kapasitas jaringan, Customer Experience Test (CET), serta Performance Monitoring & Complaint Handling.

Selain itu dilakukan pula implementasi DC-HSDPA dan HSPA+, sehingga throughput  kecepatan dapat mencapai 42 Mbps.

“Kami melakukan serangkaian aktivitas untuk memastikan keberlangsungan program TrueBEx, diantaranya dengan melakukan pengukuran secara berkala dan sertifikasi internal untuk  kelayakan jaringan,” jelas Sukardi.

Untuk mengukur kualitas layanannya, Telkomsel melakukan sertifikasi TrueBEx berdasarkan pengukuran uji kecepatan akses data broadband di berbagai cluster (wilayah), termasuk di lokasi POI yang menjadi pusat keramaian publik.

Seperti misalnya di Bandar Udara, Terminal Bis, Stasiun Kereta, Dermaga, Rumah Sakit, Area Padat Populasi, Pasar Tradisional, Lokasi Industri, Mal, Gedung Bertingkat dan Sekolah/Kampus.

Kualitas jaringan di lokasi-lokasi POI diukur berdasarkan hasil customer experience test yang melibatkan beberapa pelanggan, untuk mendapatkan masukan terkait layanan broadband Telkomsel.

Uji kecepatan dan kestabilan akses data tersebut diantaranya meliputi speed test, mengukur kecepatan dalam membuka web (Internet browsing), mengirim gambar melalui chatting apps, social media dan streaming.

Telkomsel sendiri telah menggelar layanan 4G LTE di Jakarta, Medan, Bandung, Surabaya, Bali, Lombok, Makassar, Manado, Batam dan Yogyakarta.

Saat ini secara nasional Telkomsel membangun lebih dari 1.300 BTS 4G dan memiliki lebih dari 1,8 juta pelanggan 4G. [HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI