Dikabarkan Bikin Chipset Sendiri, Ini Jawaban Sony

Kazuo Hirai, CEO Sony
CEO Sony, Kazuo Hirai

JAKARTA – Beberapa hari yang lalu kami memberitakan laporan menarik dari Digitimes yang menyebutkan bahwa Sony akan bergabung dengan Apple, Samsung, Huawei, dan LG, untuk mendesain chipset mobile sendiri. Menanggapi kabar tersebut, CEO Sony, Kazuo Hirai angkat bicara.

Menurut informasi yang didapat Digitimes Taiwan dari seorang sumber di dalam Sony, perusahaan asal Jepang itu disebutkan berencana akan merilis chipset buatan mereka sendiri pada tahun 2016.

[Baca juga: Sony akan Bikin Chipset Sendiri]

Kabar ini cukup mengejutkan, karena sebelumnya tidak ada desas-desus yang melaporkan bahwa Sony akan terjun ke bisnis chipset mobile, sama seperti yang dilakukan para kompetitornya.

Menanggapi rumor yang beredar tersebut, CEO Sony Kazuo Hirai dalam sebuah wawancara beberapa hari lalu memberikan pernyataannya terkait rumor tersebut.

Hirai mengatakan tidak ada pernyataan resmi dari perusahaan yang menyebutkan bahwa Sony akan mendesain chipset sendiri. Dia juga menegaskan, bahwa Sony tidak memiliki rencana untuk masuk ke bisnis SoC.

Orang nomor satu di Sony itu pun menepis anggapan bahwa Sony ingin menyaingi para pesaingnya, seperti Samsung, Apple, Huawei, dan LG, yang telah mendesain dan merakit chipset sendiri.

Sebelumnya, Sony disebutkan ingin mengikuti langkah kompetitornya yang telah lebih dulu melakukan hal yang sama (mendesain chipset sendiri), dimana semua manufaktur yang memiliki chipset sendiri berhasil sukses di pasar smartphone.

Seperti Apple yang memiliki chip A, Huawei dengan Kirin, dan Samsung dengan chip Exynos-nya. Bahkan LG juga sudah membuat sebuah chip Nuclun.

Meskipun Nuclun generasi pertama kurang sukses, namun LG sudah merancang Nuclun 2 yang akan diproduksi TSMC dan Intel, dengan peningkatan kinerja yang lebih baik dibandingkan pendahulunya.

[Baca juga: LG Nuclun 2 Pecundangi Apple A9 TSMC di Benchmark]

Well, kabar ini cukup menarik, karena Sony selama ini dikenal sebagai perusahaan yang pandai menyimpan rahasia rencana produk-produk mereka sebelum diluncurkan. Tak salah jika banyak yang menduga Sony memang berniat untuk masuk ke bisnis chipset mobile.

Sony diperkirakan sedang coba membidik bisnis lain di luar bisnis handset yang sejatinya kurang menguntungkan bagi Sony dalam beberapa tahun terakhir. Bisnis chipset dianggap yang paling mungkin dipilih Sony saat ini.

Raksasa elektronik asal Jepang ini kemungkinan akan mencoba peruntungannya masuk ke bisnis chipset mobile yang saat ini didominasi oleh Qualcomm, Samsung, Huawei dan MediaTek. [HBS]

 

 

SourceGSMArena

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI