LG Nuclun 2 Pecundangi Apple A9 TSMC di Benchmark

LG Nuclun 2JAKARTA – Chipset Apple A9 yang diproduksi oleh TSMC diklaim melebihi kualitas dari chipset A9 keluaran Samsung. Tetapi ketika datang chipset LG Nuclun 2 yang didesain oleh LG dan diproduksi oleh Intel, membuat chipset buatan TSMC itu terlihat keteteran.

Perbedaan dari kedua chipset ini adalah bahwa Intel memproduksinya menggunakan proses 14nm sementara TSMC hanya 16nm. Kedua chipset ini pun diadu dalam situs benchmark untuk melihat performanya.

Hasilnya, chipset Intel dari LG Nuclun 2 berhasil mencetak poin sebesar 1.980 poin untuk tes single-core dan 6.689 poin untuk tes multi-core. Skor ini cukup jauh dengan chipset prototipe dari TSMC yang hanya mencatat skor 1.721 poin untuk tes single-core dan 5.710 poin untuk tes multi-core.

Berdasarkan tes benchmark tersebut, terlihat bahwa Intel akhirnya terpilih untuk menjadi pemasok dari chipset yang bakal digunakan oleh LG. Kemungkinan kedua perusahaan ini telah memulai kerja samanya.

Ya kabar ini semakin melengkapi rumor yang telah beredar sebelumnya bahwa LG dan Intel telah sepakat untuk bekerja sama dalam membangun sebuah chip mobile terbaru. LG Nuclun 2 menggunakan arsitektur big.LITTLE dengan 4 core Cortex-A72 dan 4 core Cortex0A53.

Tinggal menunggu saja kapan LG akan mengumumkan produk ini ke khalayak umum dan sudah sepantasnya smartphone ini untuk ditunggu.[MFH/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI