Perang Prosesor iPhone 7 vs Galaxy S7

 

iPhone vs Samsung GalaxyJAKARTA – iPhone 7 dan Galaxy S7 mungkin akan menjadi smartphone paling mutakhir pada tahun depan. Masih terlalu dini jika kita terlalu bersemangat dalam menyambut dua perangkat ini yang belum kita tahu kapan tanggal rilisnya.

Hanya rumor yang kita dapat akhir-akhir ini tentu tentang rincian menarik kedua ponsel, termasuk “ramalan” tentang kekuatan chipset yang dimilikinya.

Prosesor pada perangkat mobile memang memainkan peranan penting pada smartphone apapun, karenanya smartphone sekarang dapat berjalan dengan sangat baik.

Kabar baru dari wilayah Asia muncul pada minggu ini yaitu tentang rincian yang lebih lanjut tentang chipset mutakhir pada kedua perangkat ini, yaitu A10 untuk iPhone 7 dan Qualcomm Snapdragon 820 serta Exynos 8890 untuk Galaxy S7.

iPhone 7 dengan chip A10

A10 chipset

TSMC kemungkinan akan menjadi satu-satunya produsen untuk A10 tahun depan, laporan terbaru dari CTimes menyebutkan, bahwa skandal iPhone 6S “Chipgate” adalah alasan mengapa Samsung kehilangan bisnis untuk chipset iPhone generasi berikutnya.

[Baca juga: iPhone 6s Dihantui masalah Chipgate]

Seorang analis JP Morgan sebelumnya memprediksi bahwa Apple akan mendepak Samsung sebagai pemasok chipset A10 untuk iPhone 7 tahun depan. Apple kemungkinan akan mengalihkan semua produksi chip A10 untuk iPhone 7 kepada TSMC.

Menurut analisis KGI Securities, Ming Chi Kuo, TSMC akan mulai memproduksi secara massal chip A10 pada Maret mendatang, disusul oleh produksi iPhone 7 yang seharusnya akan dimulai pada Q3 2016.

[Baca juga: Apple Depak Samsung Sebagai Pemasok Chip A10]

Menurut rumor yang berkembang sebelumnya, chipset Apple A10 akan berbasis algoritma pemrosesan data 64 Bit dengan proses pembuatan FinFET 16 nm. Beberapa bulan lalu pihak TSMC juga telah menguji Chip untuk 10 nm, namun belum diketahui secara pasti apakah sudah ada perkembangan atau tidak.

Jika kabar ini benar, maka kemungkinan chipset Apple A10 akan menggunakan teknologi 10 nm. Chip A10 ini diharapkan akan menjadi chipset yang lebih hemat energi dan lebih cepat tentunya daripada pendahulunya.

Galaxy S7

Qualcomm Snapdragon 820

Samsung mungkin telah kehilangan pesanan chip untuk iPhone 7, tetapi perusahaan memiliki cadangan rencana lainnya yaitu membuat chip sendiri untuk generasi selanjutnya dari smartphone high-end Samsung, yaitu membangun chip Snapdragon 820 yang bekerja sama dengan Qualcomm yang diharapkan menjadi kekuatan baru pada tahun 2016.

Salah satu perangkat unggulan Samsung yang akan menggunakan chipset ini adalah Galaxy S7, yang diharapkan akan merajai pasar smartphone high-end tahun depan, tapi perangkat inipun akan memanfaatkan chipset buatan Samsung yaitu Exynos 8890.

Spesifikasi dari Snapdragon 820 mengusung chip 64-bit yang diperkirakan 40% lebih cepat daripada Snapdragon 810, serta fitur kecepatan LTE yang hingga 600 Mbps (download) dan 150 Mbps (upload), next-gen HD voice dan teknologi Quick Charge 3.0.

Sedangkan untuk Exynos 8890, chipset ini sama baiknya dengan Snapdragon 820 dan diharapkan akan menjadi chipset yang lebih hemat energi dibanding CPU yang digunakan Samsung sebelumnya.

Untuk wilayah Amerika dan China, dikabarkan versi Galaxy S7 ini akan menggunakan Snapdragon 820, sedangkan untuk daerah lainnya akan menggunakan Exynos 8890.[MFH/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here