Samsung Nafsu Pakai Sensor Kamera Xperia Z5

Sony Xperia Z5 cameraJAKARTA – Januari nanti Samsung memiliki hajatan besar, karena dibulan tersebut kabarnya akan menjadi debut Galaxy S7. Mendekati bulan perilisannya, berbagai rumor mengenai flagship mendatang Samsung itu semakin simpang siur.

Yang paling anyar, Samsung dilaporkan sedang melakukan pembicaraan dengan pihak Sony untuk bisa membeli sensor kamera IMX300 yang digunakan Sony Xperia Z5.

Meski memiliki teknologi ISOCELL, namun bukanlah hal yang haram jika Samsung menggunakan kamera buatan kompetitornya tersebut. Sony memang dikenal memiliki teknologi kamera terbaik saat ini, yang juga banyak digunakan sejumlah vendor papan atas, termasuk Apple.

Rumor tentang akan digunakannya sensor kamera IMX300 pada Galaxy S7 ini berbeda dengan rumor sebelumnya yang beredar minggu lalu, dimana Galax S7 dilaporkan akan menggunakan sensor 20MP ISOCELL buatan Samsung sendiri.

Spesifikasi yang diusung sensor kamera Sony IMX300 memang sangat menjanjikan, bahkan DxOMark telah menobatkan Sony Xperia Z5 sebagai smartphone dengan fitur kamera terbaik saat ini.

Sensor kamera Sony IMX300 memiliki resolusi 23MP, ukuran 1/2.3-inci, 1.12 micron pixel dan memiliki kecepatan autofocus 0,03 detik. Sementara sensor 20MP ISOCELL sendiri memiliki ukuran 1/2.6-inci, 1.0 micron pixel, diproses dengan teknologi 28nm dan memiliki pola warna RWB untuk meningkatkan sensitivitas serta SNR dalam kondisi rendah cahaya.

Meski dikabarkan berniat ingin menggunakan Sony IMX300, namun Samsung diperkirakan tidak akan meninggalkan teknologi ISOCELL dari Galaxy S7. Kemungkinan Samsung akan menyiapkan dua varian sensor kamera untuk flagship mendatangnya itu.

Perbedaan megapiksel diantara kedua kamera ini akan diatasi Samsung dengan cara memadatkan sensor Sony IMX300, yang sejatinya memiliki resolusi 25MP menjadi 20MP.

Samsung Galaxy S7 sendiri disebutkan akan diumumkan secara resmi pada tanggal 19 Januari 2016 mendatang. Apakah semua rumor ini akan terbukti menjadi kenyataan? Kita lihat saja perkembangan selanjutnya.[HBS]

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI