10 Aplikasi Lock Screen Tercanggih 2022, Rahasia Kunci Layar HP

Telset.id – Lock Screen di Android kini tidak hanya sebagai aplikasi kunci layar HP saja, tapi juga merupakan layar navigasi yang sangat penting. Aplikasi lock screen kini bahkan punya kemampuan untuk mengunci fitur dan “menyembunyikan aplikasi penting di HP.

Ponsel tak lagi hanya sebagai alat komunikasi untuk telepon, mengirim pesan SMS atau chatting di aplikasi pesan singkat saja. Smartphone modern sekarang sudah seperti komputer mini.

Itu sebabnya, smartphone banyak menyimpan data penting dan mungkin rahasia pribadi. Jadi tidak heran jika Anda membutuhkan aplikasi lock screen unik atau aplikasi kunci layar terbaru untuk mengamankan “file rahasia” yang yang bersifat privasi.

Baca juga: 5 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Android, “File Rahasia” Aman

Banyak app kunci layar yang bisa Anda dapatkan dengan gratis. Tapi kami anjurkan, sebaiknya Anda memilih spesifikasi yang sesuai kebutuhan dan tidak ribet cara dengan berbagai persyaratan. Selain itu, tentu saja carilah yang aman.

Kami sudah membuat daftar 10 aplikasi lock screen terbaik yang bisa Anda coba. Nah, berikut ini daftar aplikasi kunci layar terbaik untuk Android:

1. Norton App Lock

Aplikasi lock screen
Norton App Lock

Norton App Lock bisa berjalan di perangkat Android 4.1 atau yang lebih baru. Anda dapat mengunci aplikasi dengan pola 3 × 3, sidik jari, atau kode PIN. Uniknya, jika seseorang memasukkan kode yang salah tiga kali, aplikasi akan memotret orang tersebut, jadi Anda bisa tahu siapa orang yang coba-coba membuat HP Anda secara diam-diam.

Fitur yang mungkin paling menarik dari app kunci layar ini adalah fitur “Lock Recommended”, yang hanya dengan satu kali klik, secara otomatis melindungi aplikasi media sosial, kamera, penyimpanan cloud, dan pengaturan sistem HP Anda dari akses yang tidak sah.

2. Gesture Lock Screen

Aplikasi lock screen
Gesture Lock Screen

Aplikasi lock screen HP buatan Q Locker ini cukup unik. Gesture Lock Screen merupakan aplikasi kunci layar yang membebaskan penggunanya membuat gambar (gesture) untuk membuka layar yang terkunci.

Sama seperti Norton App Lock, aplikasi kunci layar terbaru ini juga akan memotret siapa saja yang salah memasukkan password hingga tiga kali saat ingin membuka kunci layar. Selain gesture, aplikasi lockscreen Android unik ini juga menyediakan fitur fingerprint sebagai alternatif untuk mengunci layar ponsel.

3. Lock screen pattern

 

Aplikasi lock screen

Aplikasi lock screen unik yang satu ini termasuk yang banyak disukai pengguna Android, karena aplikasi Lock screen pattern sangat simple digunakan. Anda hanya menggambar pattern dengan pola tertentu untuk mengunci dan membuka kunci layar HP. Aplikasi ini juga dilengkapi banyak wallpaper untuk membuat tampilan layar HP Anda semakin menarik

Untuk memakainya, Anda bisa aktifkan dulu app kunci layar ini di HP dengan mengklik “enable lock screen”, kemudian bikin pola atau pattern yang diinginkan untuk mengunci layar. Jika sudah, Anda juga bisa menggunakan pattern tersebut untuk unlock atau membuka layar.

4. Photo lock screen

Aplikasi lock screen

Aplikasi kunci layar yang satu ini cukup unik, dan terbilang aman untuk dijadikan alat pengunci layar. Sebab, aplikasi ini menggunakan foto pengguna untuk mengunci dan membuka layar HP Android.

Cara menggunakannya juga sangat mudah. Pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih beberapa foto yang akan muncul di layar sebagai kunci untuk membuka layar. Kenapa harus menggunakan beberapa foto? Hal itu dilakukan agar pattern foto Anda tidak mudah diingat oleh orang lain. Setidaknya bisa untuk mengecoh orang yang ingin coba-coba membuka HP Anda.

Baca juga: Begini Cara Menyembunyikan Aplikasi di iPhone, Dijamin Aman

5. Samsung Secure Folder

Aplikasi lock screen
Samsung Secure Folder

Aplikasi kunci layar Samsung Secure Folder cukup powerful sebagai alat pengunci layar, dan bisa didapatkan secara gratis. Mungkin kekurangannya karena hanya bisa berjalan di perangkat Samsung. Bagi Anda yang sudah menggunakan HP Samsung terbaru, mungkin sudah mendapatkan aplikasi kunci layar terbaik ini.

Pengguna Samsung Secure Folder dapat memindahkan aplikasi dan file ke folder yang diamankan dengan pola, PIN, kata sandi, atau sidik jari. Tapi harap dicatat, Anda harus menghapus aplikasi asli, karena hanya versi di dalam folder yang dilindungi sandi.

Ada beberapa fitur bawaan yang bagus, seperti opsi untuk mengubah ikon menjadi sesuatu yang tidak mencolok (atau menyembunyikan aplikasi sepenuhnya). Caranya, ketik nama khusus untuk aplikasi, dan sembunyikan pemberitahuan dari aplikasi apa pun di folder.

Anda juga bisa membuat beberapa profil dan membatasi akses keyboard untuk mencegah seseorang menyalin dan menempelkan data ke dalam aplikasi yang dilindungi.

6. Floatify Lockscreen

Aplikasi lock screen
Floatify Lockscreen

Aplikasi lock screen Android berikutnya adalah Floatify Lockscreen. Pada aplikasi kunci layar ini Anda bisa mengunci ponsel dengan menggunakan beberapa cara, bisa dengan PIN, pola, atau bisa juga dengan sidik jari. Asyiknya, Anda bisa langsung mengakses music player dan tidak perlu melakukan unlock pada layar.

Begitupun pada saat ada pesan atau telepon masuk, Anda bisa langsung membalasnya tanpa harus lebih dulu membuka kunci layar. Aplikasi Floatify Lockscreen ini sudah support OS versi terbaru Android 11.

7. Semper: Learn Effortlessly

Aplikasi kunci layar
Semper: Learn Effortlessly

Aplikasi buka kunci layar ini sebelumnya dikenal sebagai UnlockYourBrain. Aplikasi ini menggunakan 80 atau lebih untuk membuka ponsel Anda setiap hari untuk menjaga otak Anda berdetak menggunakan matematika sederhana dan latihan kosakata.

Apakah ini berarti Anda tidak dapat mengakses telepon Anda jika tidak tahu jawaban soal 12 x 8, atau apa arti ‘el amigo’? Tidak, untungnya aplikasi buka kunci HP ini memungkinkan Anda melewatkan pertanyaan dan tetap mengakses telepon, sehingga tidak ada tekanan.

Baca Juga: Cara Mudah Menemukan File Hasil Download di Android

8. Dynamic Notifications

Aplikasi kunci layar
Dynamic Notifications

Dynamic Notification merupakan aplikasi kunci layar HP yang memiliki tampilan yang sederhana dengan latar belakang berwarna hitam polos, membuat aplikasi ini cukup hemat daya. Uniknya, setiap notifikasi hanya akan ditampilkan jika ponsel Anda ada di luar saku.

Aplikasi lock screen terbaik ini juga sudah dilengkapi dengan fitur Night Mode yang akan menonaktifkan semua notifikasi yang masuk saat Anda sedang tidur atau beristirahat saat malam hari.

9. AcDisplay

Aplikasi kunci layar
AcDisplay

Banyak aplikasi Lock Screen yang banyak iklannya, akan tetapi kita tidak dapat menghilangkannya. Di AcDisplay Ikon kecil muncul untuk pemberitahuan, dan Anda hanya tahan jari Anda pada salah satu ikon ini untuk melihat notifikasi secara lebih detail, setelah itu Anda menggesek turun untuk menolaknya.

App kunci layar ini bahkan menggunakan sensor perangkat Anda untuk mendeteksi ketika itu di saku Anda atau di gunakan, sehingga layar switch on dan off sesuai.

10. Black Hole – Lock screen

Aplikasi kunci layar

Sesuai namanya, aplikasi Black Hole – Lock screen akan menampilkan gambar seperti lubang hitam atau black hole yang ada di luar angkasa pada layar HP Anda. Secara fungsi, gambar tersebut memang bukan untuk mengunci layar, karena hanyalag wallpaper.

Cara mengunci layarnya dengan menggunakan sistem PIN atau deret angka. Selain itu,  aplikasi juga punya fitur music control yang memudahkan pengguna membuka layar saat akan mendengarkan musik.

Baca Juga: Maksimalkan Perangkat Android Tanpa Root!

Itulah tadi 10 aplikasi lock screen unik yang bisa Anda coba untuk mengamankan HP Android Anda. Semoga bermanfaat. [HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI