Sony Mobile Bangun Pabrik di Thailand

Sony head officeJAKARTA – Sony Mobile mengkonfirmasi akan membuka pabrik ponsel di Pathum Thani, Thailand. Pengumumam ini sekaligus membungkam spekulasi yang menyebutkan Sony akan keluar dari bisnis ponsel.

Rencana pembangunan pabrik di Thailand ini sebenarnya tidak sepenuhnya baru dilakukan. Karena sebelumnya Sony memang sudah berencana membangun pabrik di Thailand, namun rencana itu ditangguhkan karena banjir besar yang melanda negara tersebut pada tahun 2011 silam.

Tidak disebutkan berapa nilai investasi yang akan ditanamkan Sony untuk membangun pabrik ponselnya. Namun Sony dikabarkan sudah bisa mulai memproduksi ponsel secara massal pada tahun 2016 mendatang. Pada tahap awal, pabrik ini direncanakan akan memproduksi jutaan unit per tahun.

Raksasa elektronik Jepang ini memang belum memiliki pabrik ponsel sendiri di luar Jepang. Pada tahun 1995, Sony membangun pabrik ponsel di Beijing, tapi berupa usaha patungan dengan tiga mitra lokal, dimana Sony menguasai 51% saham. Dengan dibangunnya pabrik di Thailand, berarti sekarang Sony memiliki pabrik sendiri di luar Jepang.

Rencana pembangunan pabrik di Thailand ini juga sekaligus menjawab spekulasi yang menyebutkan Sony akan menutup divisi ponselnya. CEO Sony, Kazuo Hirai sebenarnya sudah membantah kabar tersebut.[HBS]

 

 

 

SourceGSMArena

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI