Boomerang, Aplikasi Video Pendek Berbasis GIF dari Instagram

Boomerang Instagram iPhoneJAKARTA – Pengguna Instagram kini bisa lebih banyak berkreasi, karena tak cuma sebagai aplikasi edit dan berbagi foto seperti biasa, tapi juga membuat foto bergerak. Untuk bisa melakukannya, Instagram merilis aplikasi baru bernama Boomerang yang berbasis GIF.

Instagram tengah getol mengembangkan aplikasi baru. Setelah sebelumnya meluncurkan aplikasi time-lapse Hyperlapse dan aplikasi penggabung foto Layout, kini anak usaha Facebook ini meluncurkan aplikasi Boomerang.

Boomerang video pendek

Dengan aplikasi Boomerang, Anda dapat menggabungkan lima foto yang ditampilkan berulang-ulang secara terus-menerus atau biasa dikenal dengan istilah video looping, sehingga foto tersebut dapat menjadi video pendek berdurasi 1 detik dalam bentuk GIF.

Dikutip KompasTekno dari blog resmi Instagram, Jumat (23/10/2015), Instagram bisa dipakai untuk memotret lima foto yang bisa dirangkai menjadi format GIF dan memutarnya.

“Boomerang mengabungkan beberapa foto dan merangkainya menjadi video pendek berkualitas yang dapat diputar maju-mundur. Kami sudah tak sabar ingin melihat hasil kreasi Anda menggunakan Boomerang,” tulis keterangan resmi Instagram di blognya.

Boomerang Instagram girl video

Menariknya, hasil foto dalam bentuk GIF ini tak hanya bisa di-share di Instagram dan Facebook saja, tapi juga layanan pesan instant lainnya, seperti WhatsApp. Video pendek hasil karya Anda dengan Boomerang ini pun dapat disimpan di album kamera.

Untuk memakai aplikasi Boomerang tidak sulit. Anda hanya tinggal membidik sebuah obyek atau membuat foto selfie dengan kamera depan dengan tombol shoot. Selanjutnya aplikasi Boomerang akan menjalankan tugasnya dengan mengambil foto brust sebanyak lima kali dan kemudian jadilah video pendek yang menarik.

Instagram nampaknya menyiapkan Boomerang untuk menyaingi beberapa aplikasi serupa yang telah lebih dulu ada, seperti Phhhoto dan juga Apple yang belum lama ini meluncurkan fitur Live.

Banyak orang yang mempertanyakan durasi yang sangat singkat, yakni hanya 1 detik, dalam pembuatan video ini. Mereka mempertanyakan, buat apa pengguna menggunakan aplikasi yang hanya bisa mengambil video berdurasi 1 detik saja, sementara saat ini sudah ada aplikasi yang bisa mengambil video selama 6 detik dan 16 detik.

Namun ternyata Instagram sudah menyiapkan jawabannya. Di dalam blognya, Instagram menerangkan bahwa banyak pengguna yang tidak mahir membuat skenario video dengan durasi panjang. Makanya Instagram hanya membuat durasi yang pendek.

Saat ini aplikasi Boomerang sudah bisa diundah secara gratis. Bagi Anda pengguna perangkat Android, bisa langsung mengunduhnya di Play Store dan bagi pengguna iOS, bisa mendownloadnya di App Store. Nah, selamat mencoba membuat video pendek. [HBS]

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI