Toyota Berencana Bikin Mobil yang Bisa Berfikir Sendiri

1082084204Jakarta – Toyota mengumumkan dana investasi senilai US$ 50 juta untuk membuat mobil pintar yang bahkan bisa berfikir sendiri. Toyota menggandeng fasilitas riset di Stanford serta Massachussets Institute of Technology (MIT) untuk membangun kepintaran buatan di mobil tersebut. Kerja sama selama lima tahun tersebut akan dikepalai mantan petinggi DARPA sebelumnya, Gill Pratt.

Seperti dikutip dari Cnet, teknologi semi otonom untuk mobil pintar sudah mulai mendapatkan tempat di pabrikan mobil saat ini. Misal, untuk menjaga jarak dengan mobil di depan dan di belakang.

Bagian tersulitnya, yakni bagaimana meningkatkan bantuan ke pengendara, yakni bagaimana membuat mobil bisa menentukan pilihan di tengah situasi yang kompleks setiap berkendara.

Mobil Toyota ini akan lebih mendekatkan diri ke kepintaran buatan yang manusiawi. misal, bisa mengenali mood pengendara dan emncegah mereka dari perliaku agresif. Selain itu, mobil ini juga bisa tahu kapan harus mengambilalih kendali setir ketika pengendara terdistraksi, serta menyetir dengan lebih baik dibanding si pengendara.

Sayangnya, Toyota enggan memprediksi kapan mobil canggih dan pintar ini dapat melaju di jalanan perkotaan. (IKA/HZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

HARGA DAN SPESIFIKASI
REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI