Tiga Jurus Transformasi XL Mulai Menggeliat

Presiden Direktur/CEO XL Axiata Dian Siswarini memaparkan kesiapan jaringan XL dalam menyambut bulan Ramadhan dan Lebaran 2015 (Hendra Wiradi/telsetNews)
Presiden Direktur/CEO XL Axiata Dian Siswarini (Hendra Wiradi/telsetNews)

JAKARTA – Agenda transformasi bisnis melalui strategi 3R yang dijalankan oleh XL sejak awal tahun 2015 mulai menunjukkan beberapa hasil positif. Strategi 3R ini meliputi Revamp, Rise, dan Reinvent.

Hal tersebut diungkapkan Presiden Direktur/CEO XL, Dian Siswarini saat menyampaikan hasil audit pencapaian kinerja XL di semester pertama yang berakhir pada 30 Juni 2015.

“Kami mencanangkan agenda transformasi pada bulan April tahun ini, dan saat ini proses transformasi jangka menengah masih dalam tahap awal perjalanan dan masih terus berproses,” kata Dian di Jakarta, Jumat (14/8/2015).

 

Namun, menurut Dian, XL sudah mendapatkan beberapa hasil awal yang positif, yang semakin menguatkan keyakinan perusahaan atas agenda transformasi yang sedang dilakukan .

“Ke depan kami akan semakin fokus untuk segera menuntaskan agenda transformasi tersebut untuk memperkuat posisi perusahaan,” ujarnya.

Lebih jauh dijelaskannya, strategi Revamp yang dijalankan XL adalah mengubah model bisnis pencapaian jumlah pelanggan dari volume ke value, dan strategi bisnis untuk meningkatkan profitabilitas produk.

Sementara Rise dijalankan untuk meningkatkan nilai merek XL melalui strategi dual-brand dengan AXIS guna menyasar segmen pasar yang berbeda. Sedangkan Reinvent akan membangun dan menumbuhkan berbagai inovasi-inovasi bisnis.

Dian mengungkapkan, bahwa transformasi bisnis dilakukan untuk merespon dinamika perubahan pasar yang sangat dinamis, dan fokus untuk menciptakan nilai-nilai sehingga XL dapat membangun bisnis yang lebih berkelanjutan ke depannya.

Di semester pertama 2015, XL fokus pada strategi Revamp yang mengupayakan pada peningkatan pelanggan yang berkualitas, pengurangan pelangggan abuser, peningkatan portfolio produk, penguatan jalur penjualan retail dan peluncuran kembali merek AXIS ke pasar.

Hasilnya, berupa peningkatan ARPU sebesar 25% dari Rp 24.000 pada semester pertama tahun 2014 menjadi Rp 30.000 pada periode yang sama tahun 2015. Total pengisian ulang (reload) XL Tunai juga mengalami peningkatan sebesar 13% dibandingkan awal tahun hanya 0,2%.

Pada kuartal kedua 2015, XL berhasil meraih pertumbuhan positif sejak kuartal kedua tahun 2014, yaitu sebesar 2,4%. Pertumbuhan didorong pendapatan layanan inti (core) sebesar 3,1% dari kuartal sebelumnya, dimana layanan suara naik 7% dan layanan Data serta VAS juga naik 2%.

Dian memastikan XL akan terus fokus untuk menjadi yang terdepan pada layanan mobile internet di Indonesia, dengan meningkatkan adopsi pengguna layanan Data dan mendorong pertumbuhan trafik penggunaaan layanan Data.

Pertumbuhan trafik layanan Data tumbuh 65% pada semester pertama tahun 2015 dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya, dengan total pengguna layanan Data mencapai 28 juta atau 61% dari total jumlah pelanggan.[HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI