Ini Makna Alphabet Bagi Pendiri Google

Alphabet GoogleJAKARTA – Google secara mengejutkan mengumumkan hadirnya sebuah perusahaan baru bernama Alphabet Inc. Pengumuman disampaikan langsung oleh dua pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin, Senin (10/8/2015). Alphabet dibentuk sebagai induk bagi Google dan beberapa perusahaan lain yang dulu bernaung di bawahnya. Lantas, kenapa memilih nama Alphabet?

Kemarin Google mengumumkan dua peristiwa penting, yakni ditunjuknya Sundar Pichai sebagai CEO baru Google, dan mengumumkan perusahaan baru bernama Alphabet. Kedua peristiwa itu dianggap penting, karena menjadi awal mula transformasi bisnis Google untuk ke depannya.

Yang menarik, banyak yang bertanya-tanya kenapa para pendiri Google memilih nama Alphabet untuk perusahaan baru mereka. Di laman blog Google, Larry Page coba menjelaskan alasan mengapa mereka memilih nama Alphabet.

“Kami memilih nama Alphabet karena memiliki arti sebagai sekumpulan huruf yang merepresentasikan bahasa, salah satu inovasi manusia yang paling penting,” kata Page, membuka penjelasannya.

Menurut pendiri Google yang kini menjabat sebagai CEO Alphabet itu, bahwa dengan Alphabet, maka perusahaan bisa membuat indeks huruf G sebagai Google Search, salah satu anak usaha yang dimilikinya.

“Kami juga memilihnya karena Alphabet bisa dibaca dengan Alpha-bet (Alpha adalah investasi yang hasilnya di atas nilai tolok ukur),” jelasnya, seperti dikutip telsetNews dari blog Google, Rabu (12/8/2015).

Yang tak kalah penting, Page menegaskan bahwa Alphabet tidak akan dipakai sebagai merek konsumer dengan produk-produk tertentu di perusahaannya. Alphabet, tambahnya, akan menjadi perusahaan yang mandiri dan mengembangkan mereknya sendiri.

Ada beberapa yang akan dilakukan dengan Alphabet. Namun secara garis besar, Alphabet akan fokus untuk menggarap proyek-proyek ambisius Google. Selain itu, ia juga ingin mendorong perusahaan rintisan dan enterpreneur untuk lebih maju, melakukan investasi yang dinilai akan menguntungkan.

Lewat perusahaan baru ini, Page juga ingin membuat Google lebih baik, dan akhirnya bisa meningkatkan taraf hidup orang banyak melalui berbagai usaha yang mereka jalankan di seluruh dunia.[HBS]

Alphabet struktur

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI