Tablet Makin Tergerus Smartphone Layar Besar

Smartphone vs TabletJAKARTA – Semakin banyaknya smartphone berlayar besar dalam beberapa tahun terakhir telah berimbas semakin menurunnya penjualan tablet. Menurut data IDC, pengiriman tablet global menurun hingga 7% dari tahun ke tahun selama kuartal kedua tahun 2015.

Ada dua faktor utama yang mempengaruhi semakin menurunnya penjualan tablet. Yang pertama karena semakin banyaknya smartphone dengan layar lebih besar. Dan faktor kedua karena tablet tidak seperti smartphone yang harus diupgrade secara berkala.

Dalam laporan terbarunya, IDC mengungkapkan bahwa pengiriman tablet global menurun hingga 7% dari tahun ke tahun selama kuartal kedua. IDC mencatat sebanyak 44,7 juta tablet dikirimkan dari April hingga Juni tahun ini. Angka tersebut lebih kecil dari jumlah 48 juta tablet yang dikirimkan pada periode yang sama tahun lalu.

Sementara itu, Apple masih tercatat sebagai penyuplai tablet terbesar di dunia. Dalam catatan IDC, Apple berhasil mengirimkan 10,9 juta unit iPad sepanjang kuartal kedua tahun 2015.

Meski masih menguasai pasar tablet dengan 24,5% market share, tapi angka penjualan iPad turun dari sebelumnya dengan 13.3 juta unit, atau menyusut 17,9% pada periode yang sama tahun lalu.

Jika market share global Apple menurun hingga 3,2%, beruntung Samsung hanya mengalami penurunan 1% saja dari 18% tahun lalu menjadi 17% kuartal kedua tahun ini. Perusahaan asal Korea Selatan ini mengirimkan 1 juta lebih unit tablet di tahun ini, atau turun dari 7,6 juta unit di tahun lalu, turun 12% dari periode yang sama tahun lalu.

Di bawah Apple dan Samsung, ada Lenovo yang tercatat menguasai 5,7% market share secara global. Vendor asal Tiongkok ini hanya mempu mengirimkan 100.000 lebih tablet pada kuartal kedua tahun ini. Selanjutnya di posis keempat dan lima diisi oleh Huawei dan LG.

Nah, untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat daftar 5 vendor terbesar yang menguasai pasar tablet global di kuartal kedua 2015 yang telsetNews kutip dari PhoneArena di bawah ini:

Market share tablet di kuartal II 2015

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI