Apple Catat Rekor Pendapatan Rp 663,67 Triliun di Q3 2015

Apple BuildingJAKARTA – Apple telah merilis laporan keuangan perusahaan di kuartal ketiga 2015. Raksasa Cupertino ini mencatat hasil yang fantastis dengan membukukan pendapatan sebesar USD 49,6 miliar atau sekitar Rp 663,67 triliun. Sementara keuntungan bersih yang dikantongi Apple mencapai USD 10,7 miliar atau setara Rp 143,17 triliun.

Pencapaian tersebut menjadikan Apple memecahkan rekor pendapatannya di periode yang sama tahun lalu yang “hanya” berhasil mencatat pendapatan sebesar USD 37,4 miliar, dengan keuntungan bersih sebesar USD 7,7 miliar.

Lantas, dari mana saja duit sebanyak itu bisa Apple dapatkan? Kontribusi terbesar yang membuat pundi-pundi keuntungan Apple membuncit berasal dari hasil penjualan iPhone 6. Setelah itu, Apple juga meraup keuntungan dari penjualan Mac dan layanan service-nya. Menariknya, meski baru dipasarkan bulan lalu, Apple Watch ternyata sudah ikut menyumbang pendapatan Apple.

Berdasarkan keterangan resminya, Apple menyebutkan penjualan iPhone mencapai 47,5 juta unit, atau meningkat 35% dari tahun lalu. Sementara penjualan perangkat Mac di kuartal ketiga 2015 tercatat 4,7 juta unit, meningkat dibanding tahun sebelumnya 4,4 juta unit.

Menurunnya tren penjualan perangkat tablet secara global berimbas juga pada menurunnya penjualan iPad. Tablet besutan Apple ini mengalami penurunan di kuartal ketiga tahun ini dengan hanya terjual sebanyak 10,9 juta unit, atau menurun dibandingkan periode yang sama tahun 2014 sebesar 13,3 juta unit.

“Kami melewati triwulan yang menakjubkan, dengan pendapatan dari iPhone meningkat 59% dari tahun lalu. Begitupun penjualan Mac yang kuat, dan rekor baru dari pendapatan layanan service. Pendapatan dari App Store juga terus meningkat dan permulaan yang sangat baik dari Apple Watch,” kata CEO Apple, Tim Cook, seperti dikutip telsetNews dari keterangan resminya, Rabu (22/7/2015).

Banyak analis yang memprediksi Apple akan kembali bisa mencatat peningkatan pendapatan di kuartal keempat, karena Apple dikabarkan akan merilis iPhone dan iPad terbaru. Selain itu mereka juga akan perilisan iOS 9 dan OS X El Capitan.

Yang menarik, penjualan Apple Watch tak bisa dipandang sebelah mata sebagai penyumbang pendapatan bagi Apple di kuartal keempat. CFO Apple Luca Maestri kepada The New York Times mengatakan bahwa penjualan Apple Watch di sembilan minggu pertama dirilis melebihi penjualan dari iPhone dan iPad di sembilan minggu pertama dirilis.

Catatan itu menunjukkan Apple Watch sangat diminati, maka kemungkinan penjualannya pun akan terus semakin meningkat di triwulan berikutnya. [HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI