Jailbreak dan Fingerprints Membahayakan Pemakai Apple Pay

apple pay_forbesJAKARTA – Seperti yang kita ketahui bahwa Apple Pay dapat digunakan oleh para pengguna Apple sebagai alat pembayaran yang praktis sehingga mereka tidak perlu lagi membawa uang tunai atau kartu kredit untuk membeli sesuatu. Cukup menggunakan iPhone, semua transaksi pembayaran menjadi beres.

Baru-baru ini, Apple Pay mulai merambah pasaran global dan sudah bisa digunakan bagi para pelanggan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus yang berada di luar Amerika Serikat. Inggris menjadi target pasar pertama di luar Amerika Serikat yang bisa menikmati layanan pembayaran mobile tersebut.

Pada Apple Pay, data kartu debit atau kartu kredit tidak disimpan dalam perangkat. Data akan disimpan pada token khusus (Device Account Number) dan kriptogram yang dihasilkan per transaksi, sehingga dapat mengurangi peluang data kartu dari pengguna Apple Pay dicuri. Bahkan jika token dan kriptogram disadap, tidak akan mungkin Apple Pay dapat digunakan.

Hal itu dimungkinkan karena pihak merchant tidak menyimpan data kartu debit atau kartu kredit, maka apabila ada pelanggaran terhadap sistem mereka tidak akan berdampak kepada data kartu dari pemakai Apple Pay.

Researcher Global Research & Analysis Team, Kaspersky Lab, David Emm mengungkapkan, bahwa akan sangat baik apabila para pengguna Apple ini tidak melakukan ‘jailbreak’ terhadap perangkat mereka, karena dapat melucuti built-in security.

Sangat penting juga bahwa pengguna Apple tidak membiarkan orang lain menyimpan sidik jari mereka pada perangkat, untuk memastikan bahwa transaksi hanya dapat dilakukankan oleh pemilik perangkat saja.

Lebih lanjut David Emm mengatakan dalam keterangan tertulisnya, Rabu (22/7/2015), perluasan layanan Apple Pay ke pasar Inggris memungkinkan pelanggan Apple menggunakan perangkat mereka untuk melakukan pembayaran nirkontak (contactless payment).

Setelah pengguna Apple di Inggris memasukan data kartu kredit atau kartu debit mereka pada perangkat, maka mereka memiliki cara yang nyaman dan praktis untuk melakukan pembayaran hingga £20 tanpa perlu mengeluarkan kartu debit atau kartu kredit mereka.

Layanan ini tersedia bagi siapa saja yang memiliki iPhone 6, iPhone 6 Plus dan Apple Watch – yaitu perangkat Apple dengan NFC (Near Field Communication) chip. (MS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI