Ini Bukti Android M Sebagai Android 5.2 Bukan 6.0

Android M smartphoneJAKARTA – Ketika Google mengungkap sistem operasi terbarunya Android M di ajang konferensi Google I/O beberapa waktu lalu, ada dua hal yang hingga kini masih membuat pengguna Android penasaran. Yaitu apa kepanjangan dari ‘M’ dan akan menjadi versi Android 6.0 atau Android 5.2?

Hal yang menarik saat Google mengumumkan Android M adalah waktu sistem. Ketika “Demo” mode diaktifkan, sistem waktu menunjukkan 5:20, yang benar-benar menegaskan bahwa Android M akan datang dengan nomor versi 5.2.

Saat mengumumkan Android M, Google memang tidak menyebutkan secara tegas akan memakai nomor versi Android 6.0 atau Android 5.2. Tapi jika Anda perhatikan, Google sebenarnya sudah memberikan sedikit “bocoran” tentang versi apa yang akan mereka gunakan.

Hal itu terlihat dalam fitur mode demo dari Android M, dimana ketika fitur ini dihidupkan, seluruh ikon dan notifikasi langsung hilang dari status bar, yang kemudian disusul dengan berubahnya penunjuk waktu menjadi jam 5:20.

Penunjuk waktu itulah yang dianggap merupakan ‘bocoran’ yang diberikan Google bakal menggunakan Android 5.2 di rilisan Android berikutnya. Dugaan ini bukan tanpa alasan, karena Google sebelumnya juga selalu menggunakan cara ini untuk “memberitahukan” Android versi berapa yang akan dirilis.

Jika Anda masih ingat, saat memperkenalkan Android L, mode demo dari Android 5.0 Lollipop memperlihatkan jam 5:00, begitupun saat memperkenalkan Android 4.4 KitKat, mode demo terlihat menunjukkan jam 4:40. Bukti ini yang memperkuat dugaan bahwa Google akan menggunakan Android 5.2 di rilisan berikutnya.

Terlepas dari teori di atas, kita juga bisa melihat ‘siklus’ dari versi Android yang biasa dilakukan Google. Saat memperkenalkan Android M, Google telah memastikan sistem operasi barunya ini tidak akan menghadirkan banyak perubahan yang drastis dari Android 5.0 Lollipop.

Hal itu sejalan dengan kebiasaan Google sebelumnya, yang membutuhkan waktu 4 tahun untuk melakukan lompatan besar dari Android 4.0 Ice Cream Sandwich di tahun 2011 menjadi Android 5.0 Lollipop di tahun 2015. Melihat kebiasaan ini, maka kecil kemungkinan Google akan memperkenalkan Android M sebagai Android versi 6.0.[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI