Laporan Trafik Lebaran 2015

Trafik Data Telkomsel Paling Sibuk, Naik 140%

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah di Network Operation Center Telkomsel
Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengunjungi Network Operation Center Telkomsel. (ist/telkomsel)

JAKARTA – Layanan data menjadi primadona bagi pengguna untuk mengirimkan pesan ucapan selamat Lebaram. Telkomsel mencatat terjadi lonjakan trafik data sekitar 140% secara nasional. Bahkan dibeberapa titik destinasi utama mudik dan daerah wisata lonjakan trafik data bisa mencapai 166%.

Setelah sebelumnya mencatat kenaikan hingga lebih dari 130% di malam takbiran 2015, layanan data Telkomsel masih mengalami kenaikan yang signifikan di saat Lebaran, yakni sebesar 140% jika dibandingan dengan periode yang sama di tahun 2014.

Kenaikan trafik data sangat signifikan masih terkonsentrasi di Area Jawa Bali (Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara, dan Bali) yang merupakan destinasi utama mudik dan daerah wisata.

Kenaikan penggunaan data di daerah tersebut terpantau hingga lebih dari 166% menjadi sekitar 432 ribu Giga Byte, disusul dengan Area Pamasuka (Papua, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan) dengan kenaikan hingga 155% menjadi sekitar 307 ribu Giga Byte.

Adita Irawati, Vice President Corporate Communications Telkomsel menjelaskan, trafik layanan data mencatat kenaikan paling tinggi sebesar 140% menjadi sekitar 1,5 juta Giga Byte.

“Ini meningkat jika dibandingkan dengan trafik data di periode yang sama di tahun 2014. Sedangkan dibandingkan dengan hari normal 2015, terdapat kenaikan sekitar 14%,” jelasnya.

Sementara untuk layanan suara, di hari lebaran naik sebesar 13% menjadi sekitar 1,4 miliar menit jika dibandingkan dengan trafik percakapan di periode yang sama di tahun 2014, atau naik 1% jika dibandingkan hari normal.

Berbeda dengan layanan data dan voice yang mengalami kenaikan, untuk layanan SMS cenderung stagnan dengan sedikit penuruan sekitar 4% menjadi 957 juta SMS jika dibandingkan dengan trafik SMS di periode yang sama di tahun lalu, atau turun skitar 3% dibandingkan dengan hari normal.

Adapun tingkat keberhasilan koneksi data dan tingkat keberhasilan pengiriman SMS mencapai lebih dari 99%, sedangkan tingkat kesuksesan panggilan suara mencapai lebih dari 98%

“Itu artinya tidak ada masalah yang berarti, dan secara umum pelanggan dapat menikmati layanan dengan nyaman,” pungkas Adita dalam keterangannya, Minggu (19/7/2015).[HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Line Hadirkan Stiker “Siaga Covid-19”, Download Gratis di Sini!

Telset.id, Jakarta - Line Indonesia menghadirkan inisiatif dalam bentuk pemberian edukasi kepada masyarakat mengenai virus corona. Inisiatif Line ini...

Operator Angkat Bicara Soal Razia Kerumunan Lewat Nomor Ponsel

Telset.id, Jakarta - Pemerintah, dalam hal ini Kominfo berencana untuk razia kerumunan orang melalui deteksi nomor ponsel. Operator seluler,...

Catat! Ini 5 Aplikasi Perekam Layar Terbaik untuk Android

Telset.id - Fitur rekam layar sudah ada di beberapa smartphone Android. Tapi, ada pula smartphone Android yang belum menyediakan fitur ini...

Pelancong “Idiot” Berpotensi Sebar Virus Corona di AS

Telset.id, Jakarta  - Pemandang paling membuat frustrasi saat pandemi virus corona adalah aktifitas para pelancong yang sedang liburan musim...

Irit-iritan Bandwidth 4 Aplikasi Video Conference Populer, Siapa Terbaik?

Telset.id, Jakarta - Setelah Presiden Joko Widodo mengeluarkan imbauan untuk bekerja dan belajar dari rumah, banyak aktivitas belajar kelompok...
- Advertisement -