Telpon & SMS Semakin Ditinggalkan Saat Lebaran

Menkominfo Rudiantara sidak ke XLJAKARTA –  Dalam 3 tahun terakhir terlihat pergeseran kebiasaan pelanggan dalam menggunakan layanan komunikasi selama Lebaran, dimana layanan telepon (voice) dan SMS berkurang. Sementara layanan data terus menunjukan trend kenaikan.

Direktur Service Management XL, Ongki Kurniawan mengatakan, penggunaan layanan voice selama Lebaran turun hingga 35% dibanding hari-hari biasa, sedangkan untuk SMS turun hingga sekitar 40%.

Menurutnya, perubahan trafik layanan Voice dan SMS ini lebih disebabkan karena pergeseran kebiasaan pelanggan yang saat ini lebih memilih menggunakan layanan data untuk terhubung dengan media jejaring sosial dan instant messenger.

Disisi lain, tambahnya, terjadi trafik penggunaan layanan data terus meningkat. Para pengguna kini banyak lebih memilih mengucapkan selamat Lebaran dengan menggunakan layanan social media yang memanfaatkan layanan data atau internet.

“Syukur Alhamdulillah, jaringan XL berhasil melalui masa-masa kenaikan trafik sepanjang Ramadan hingga puncak Lebaran dengan lancar, baik untuk layanan voice, SMS dan data,” kata Ongki, dalam keterangan resminya, Sabtu (18/7/2015).

Ia menjelaskan, sepanjang bulan Ramadan dan Lebaran, terjadi peningkatan trafik pemakaian layanan data XL. Kenaikan tertinggi dimulai pada dua hari menjelang Idul Fitri sebesar 11%, dibandingkan hari biasa.

Sementara jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, kenaikan trafik data pada Lebaran tahun ini meningkat 41%. Secara umum, kualitas jaringan XL diklaim terjaga dengan baik, dengan jumlah keluhan turun sebesar 32% dibandingkan tahun sebelumnya.

Berbeda dengan layanan data yang mengalami kenaikan, layanan voice dan SMS pada Lebaran tahun ini justru turun. Tercatat penggunaan layanan voice turun hingga 35% dibanding hari biasa. Sedangkan untuk SMS turun hingga sekitar 40%.

Sementara itu, pada hari menjelang Lebaran, sekitar 26% pelanggan XL di wilayah Jabodetabek terpantau berpindah lokasi ke luar kota. Perpindahan tertinggi menuju ke Jawa Tengah, dimana kenaikan jumlah pelanggan tertinggi terjadi di Tegal sebesar 65%, disusul kenaikan di Pekalongan dan Kebumen.

Sedangkan yang menuju ke Jawa Timur, kenaikan tertinggi terjadi di Madura sebesar 300%, diikuti dengan Blitar dan Jombang. Sementara di Jawa Barat dan Banten, kenaikan 30% – 40% terjadi di Sukabumi, Tasikmalaya, Pandeglang dan Cilegon.

Perpindahan pelanggan XL juga terjadi di beberapa tempat di luar pulau Jawa. Untuk yang ke Sumatera, paling banyak menuju Bukit Tinggi sebesar 80%, Lampung dan Muara Bungo.

Sementara di Kalimantan, kenaikan tertinggi di Pontianak (25%), serta kenaikan jumlah pelanggan di Lombok terjadi di Selong (80%). Sangat mungkin mereka melakukan perjalanan mudik.[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI