Apple Siapkan iPhone Versi Murah dengan Bodi Logam

iPhone 6c conceptJAKARTA – Meski sebelumnya sempat dikritik dan dianggap gagal saat merilis iPhone 5c, namun sepertinya Apple belum kapok untuk kembali membuat iPhone model “c”. Beredar kabar, Apple tengah menyiapkan iPhone 6c dengan bodi logam, bukan plastik seperti pendahulunya iPhone 5c. Benarkah?

Apple dianggap gagal saat meluncurkan iPhone 5c yang berbodi plastik. Meski iPhone 5c dibanderol dengan harga yang relatif lebih murah dari iPhone 5s, namun kenyataannya konsumen justru memilih untuk membeli iPhone 5s.

Hal ini menunjukan bahwa masalah iPhone 5c tidak melulu hanya soal harga, melainkan juga disebabkan oleh faktor lain, yakni soal faktor desain. Yup, desain baru iPhone 5c justru terkesan “murahan”, sehingga menurunkan prestise para penggunanya yang selama ini lebih banyak dari kalangan atas (orang berduit).

Dengan menggunakan casing yang terbuat dari plastik dan menampilkan desain warna-warni, justru dinilai telah menghilangkan sisi mewah dari produk Apple tersebut. Sebab perlu diingat, iPhone selama ini memang terkesan sebagai produk ponsel yang mewah.

Kenyataan ini dapat dilihat pada nasib berbeda yang dialami iPhone 5s yang dirilis berbarengan dengan iPhone 5c. Dengan masih mempertahankan “kodratnya” sebagai ponsel premium, iPhone 5S justru laris manis dipasaran dan mencatat angka penjualan yang jauh dibanding iPhone 5c yang harganya lebih murah.

Apple sepertinya sudah belajar dari pengalaman sebelumnya. Raksasa dari Cupertino ini disebutkan masih ingin kembali mencoba peruntungannya dengan menghadirkan iPhone model “c”. Walaupun masih dengan embel-embel versi murah, tapi kali ini Apple tidak menggunakan bahan plastik, melainkan memakai material logam.

Rumor ini dihembuskan oleh analis Ange Wu dari Jefferies, yang mengatakan Apple belum lama ini memesan casing logam dalam jumlah banyak untuk iPhone 6c. Dari sinilah muncul spekulasi yang menyebutkan iPhone 6c akan menggunakan bodi logam, bukan bodi plastik seperti pendahulunya, iPhone 5c.

Kabar terbaru ini juga senada dengan rumor yang beredar sebelumnya, yang menyebutkan bahwa iPhone 6c akan diumumkan dengan menggunakan layar berukuran 4 inci. Tapi iPhone 6c dengan bodi logam dan display 4 inci ini tidak akan diumumkan pada tahun ini, tapi pada paruh pertama 2016.

Masih menurut laporan dari Jefferies, bahwa untuk tahun ini Apple akan merilis dua perangkat barunya, yakni iPhone 6s dan iPhone 6s Plus. Kedua iPhone terbaru ini kabarnya akan menggunakan bodi logam seperti original iPhone 6 dan iPhone 6s.

Sejauh ini belum ada informasi detail mengenai spesifikasinya. Namun menurut rumor yang beredar, iPhone 6c akan menggunakan chip A8 dengan teknologi 20nm dan didukung fitur Force Touch serta fingerprint scanner. [HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI