Nenek Ini Membuang Komputer Senilai Rp 2,6 Miliar

Apple-1 di CleanBayAreaJAKARTA – Para pekerja di sebuah pusat daur ulang di kawasan Silicon Valley bernama CleanBayArea, belum lama ini dibuat sibuk mencari seorang nenek berusia 60-70 tahun yang telah membuang sebuah komputer lawas. Lho, kenapa?

Sebagai perusahaan tempat daur ulang, CleanBayArea setiap hari menerima beragam barang-barang yang sudah tak terpakai karena rusak maupun yang sudah termakan umur alias usang.

Namun hari itu para pekerja di CleanBayArea dibuat terkejut karena diantara tumpukan barang rongsokan itu mereka menemukan sebuah komputer lawas, Apple-1, komputer Apple generasi pertama yang dibuat langsung oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak.

Menurut Victor Gichun, salah seorang manager untuk urusan daur ulang di CleanBayArea, bahwa komputer Apple-1 itu diketahui dibuang oleh seorang wanita berusia sekitar 60-70 tahun. Nenek yang belum diketahui identitasnya itu datang ke CleanBayArea di Milpitas, California, AS, sekitar satu bulan yang lalu.

Apple-1, komputer Apple generasi pertama yang dibuang sang nenek (nbc)
Apple-1, komputer Apple generasi pertama yang dibuang sang nenek (nbc)

Nenek itu mengatakan bahwa suaminya telah meninggal, dan ia memutuskan untuk membersihkan garasi rumah mereka dari barang-barang elektronik milik mendiang suaminya.

Barang-barang rongsokan itu dikumpulkan dalam sejumlah kotak, untuk nantinya akan didaur ulang. Saat itu tidak ada yang mengetahui kalau diantara barang rongsokan yang dibawa sang nenek adalah komputer langka, Apple-1.

Selang beberapa minggu, manager tadi membuka seluruh kotak, dan akhirnya dia menemukan komputer Apple-1 di bawah tumpukan kabel dan keyboard lama. Ia sangat terkejut mendapati barang yang sangat berharga di mata para kolektor Apple itu.

Meski sempat ragu akan keasliannya, namun setelah mencari informasi tentang Apple-1 ke sejumlah sumber, menager itu baru yakin komputer tua yang masih menggunakan casing kayu itu adalah benar-benar Apple-1 yang asli.

CleanBayArea akhirnya menjual Apple-1 ke seorang kolektor yang bersedia membeli dengan harga yang fantastis, yakni USD 200 ribu atau sekitar Rp 2,6 miliar. Sayangnya, pihak CleanBayArea hingga kini masih kesulitan menghubungi sang nenek, untuk memberikan uang USD 100 ribu (sekitar Rp 1,3 miliar) sebagai jatah bagi hasil sebesar 50% antara kedua pihak dari hasil penjualan Apple-1.

Steve Jobs dan Steve Wozniak dengan Apple-1 di tahun 1976
Steve Jobs dan Steve Wozniak dengan Apple-1 di tahun 1976

Sebagai informasi, komputer Apple-1 merupakan komputer Apple generasi pertama yang dibuat dirakit dan dijual langsung oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak digarasi rumahnya. Komputer ini hanya diproduksi sebanyak 200 unit di tahun 1976, dan saat itu dijual seharga USD 666 per unit.

Diperkirakan saat ini setidaknya masih terdapat sekitar 50 unit komputer Apple-1 dari 200 unit yang dirakit dan dijual oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak pada tahun 1976 lalu. Kemana ya si nenek yang beruntung itu? [HBS]

ViaNBC

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI