Apa Sebenarnya Fungsi GPU di Smartphone?

GPU NvidiaJAKARTA – Anda pasti sering mendengar atau membaca artikel yang menyebut-nyebut kata GPU. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan GPU dan apa fungsinya di perangkat smartphone?

Pada dasarnya GPU atau Graphics Processing Unit adalah chip tambahan dari CPU yang mengotaki kinerja grafis pada smartphone. Prinsip kerjanya sama dengan (Video Graphics Adapter VGA) di PC komputer.

GPU pertama kali di pelopori oleh NVIDIA pada tahun 1999 melalui peluncuran GPU pertama di dunia yakni GPU GeForce 256. GPU memiliki fungsi berbeda dengan CPU. Jika CPU hanya memiliki beberapa core, sedangkan GPU memiliki ribuan core.

Oleh karenanya GPU sangat penting untuk kinerja smartphone, terutama ketika digunakan untuk menjalankan game berat dengan teknologi 3D.

Seperti halnya smartpone yang menggunakan GPU NVEDIA Tegra tentunya akan memberi jaminan kepada Anda untuk bisa menjalankan game 3D dengan kualitas tinggi, karena di-support dengan GPU seri Geforce ULP (Ultra Low Power).

GPU ini merupakan bagian dari SoC (System on Chip) Tegra 2, diproduksi oleh NVIDIA. Geforce ULP ini menggunakan Quadcore 4 pixel shaders + 4 vertex shaders hingga total ada 8 core yang berada di dalamnya.

Sebagai catatan untuk menjalankan sebuah game 3D dengan kualitas tinggi, Anda harus memiliki sebuah sistem pada smartphone yang seimbang, yakni antara GPU, CPU dan RAM. Jika tidak, jangan harap bisa menjalankan game dengan  sempurna.

Ibaratnya, Anda ingin  mengendarai supercar di jalan tol, tapi pintu masuk tolnya hanya satu. Sementara ada ratusan supercar yang antri. Apa yang terjadi? Macet dan supercar Anda hanya bisa berjalan merayap seperti semut. Alhasil, Anda tidak akan bisa merasakan dahsyatnya kecepatan supercar.

Bandingkan jika pintu masuk tol ada banyak, tentunya ratusan supercar secara otomatis bisa langsung tancap gas, karena banyak pintu masuk yang bisa dilewati secara bersamaan. (MS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI