Menguji Internet 42 Mbps Indosat

Indosat test drive LombokLOMBOK – Untuk membuktikan kualitas jaringan baru Indosat yang diklaim menembus kecepatan 42 Mbps di Lombok, operator yang identik dengan warna kuning ini melakukan uji jaringan (drive test) di kota Mataram, Lombok, untuk mengetahui kecepatan real jaringan baru mereka.

Dalam test ini dilakukan berbagai aktifitas dunia maya, seperti browsing, upload file, dan melihat HD video serta live streaming. Hasilnya menunjukkan kecepatan maksimal download mencapai 18,8 Mbps dengan rata-rata 8,3 Mbps.

Sementara itu, kecepatan upload maksimal mencapai 5,5 Mbps dengan rata-rata 2,5 Mbps. Live streaming Youtube kualitas HD berhasil dilakukan sepanjang drive test tanpa adanya buffering.

Pengujian kualitas suara juga dilakukan saat drive test dengan mencoba fitur HD Voice yang dapat dinikmati sepanjang perjalanan. Fitur HD Voice ini diklaim dapat menghasilkan kualitas layanan suara yang lebih jernih, jelas dan seolah tanpa jarak saat melakukan panggilan dengan memanfaatkan layanan Indosat.

Fitur Voice HD meningkatkan kualitas suara menjadi lebih jernih dengan mengaktifkan AMR WB (Adaptive Multi Rate Wideband) yang memungkinan penggunaan frekuensi untuk aplikasi voice dari maksimum 3.400 Hz menjadi dua kali lipat yaitu 7.000 Hz. Fitur ini mampu meningkatkan kualitas suara yang sangat jernih melalui jalur frekuensi yang lebih tinggi.

Fitur HD Voice dapat dinikmati oleh pelanggan Indosat, selama pelanggan berkomunikasi di jaringan Indosat, serta menggunakan handset yang telah mendukung fitur HD Voice, baik handset dari pembuat panggilan maupun penerima panggilan.

Hampir sebagian besar smartphone yang diluncurkan sejak kuartal 3 tahun 2012 lalu telah mendukung fitur HD Voice ini.

Kualitas suara di jaringan Indosat juga dilakukan melalui pengujian kualitas suara (voice) dengan metode pengukuran MOS (Mean Opinion Score) yang menunjukkan bahwa 70% area yang diukur berada pada tingkat excellent (maksimum skor dimana nilai MOS 4-5) dan 28% area lainnya menunjukkan hasil baik dengan nilai 3-4.

Rentang penilaian metode pengukuran MOS sendiri adalah 1-5, dimana angka 5 menunjukkan hasil excellent. Hasil ini sekaligus menunjukkan bahwa kualitas suara layanan Indosat berada pada tingkat superior (terbaik) dibandingkan dengan yang lain.[HBS]

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI